Saturday, January 7, 2017

HULU SUNGAI UTARA

Wahid Berjuang Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Bupati HSU, H Abdul Wahid HK.
PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Utara (HSU) menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan dalam rangka proses pembahasan, penilaian dan penentuan priroritas usulan rencana pembangunan yang melibatkan berbagai komponen masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah untuk merumuskan pembangunan.
Seperti diketahui, musrenbang dimaksudkan sebagai forum musyawarah perencanaan pembangunan yang mengakomodasi peran-peran segenap komponen masyarakat, sebagai media koordinasi, komunikasi dan konsultasi program pembangunan dengan focus pada realisasi kebutuhan masyarakat secara nyata.
Sedangkan yang menjadi tujuan musrenbang adalah membahas, menilai dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan sesuai dengan Renja (Rencana Kerja) SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah) yang telah dikompilasikan dengan hasil musrenbang, dan menghasilkan konsensus, komitmen, kesepakatan dan kemitraan antara pemerintah dengan pelaku pembangunan, mewujudkan kualitas perencanaan pembangunan dengan lebih meningkatkan kemampuan mengakomodir aspirasi masyarakat, memberdayakan masyarakat dan memberdayakan sumber daya lokal.
Musrenbang juga merupakan salah satu pintu untuk menyuarakan kepentingan masyarakat.
Bupati HSU, H Abdul Wahid HK, saat musrenbang di Kecamatan Amuntai.
Diselenggarakannya Forum Musrenbang Tingkat Kecamatan oleh Pemkab HSU benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyampaikan berbagai aspirasi mereka. Seperti forum Musrenbang Tingkat Kecamatan Paminggir yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Paminggir yang banyak dihujani aspirasi oleh warga masyarakat setempat.
Forum ini memang sangat relevan, pasalnya yang hadir pada musrenbang ini adalah para tokoh masyarakat, alim ulama, kepala desa, organisasi kemasyarakatan, organisasi kewanitaan dan kepemudaan. Sementara narasumber yang hadir pada musrenbang kali ini adalah Bupati HSU, H Abdul Wahid HK, Kepala Bappeda HSU, Kepala BPMPD HSU, dan Camat Paminggir serta diikuti sejumlah kepala SKPD di lingkup Pemkab HSU.
Forum ini diawali dengan pemaparan Camat Paminggir, Asikin Noor, yang memaparkan tentang kondisi Kecamatan Paminggir, kemudian dilanjutkan pemaparan dari Kepala Bappeda dan BPMPD HSU dan diakhiri dengan pemaparan oleh Bupati HSU.
Dalam pemaparannya, Bupati H Abdul Wahid menegaskan bahwa selama kepemimpinannya akan berjuang semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karenanya Wahid mengajak kepada masyarakat agar selalu mendukung langkah dan program pemerintah daerah. Salah satunya, dengan selalu mengawasi dan mengontrol setiap pembangunan yang sedang berjalan seperti pelaksanaan proyek pembangunan jalan.
Bupati HSU, Abdul Wahid, mengatakan, dengan adanya dukungan dari masyarakat maka pihaknya akan mendapatkan kemudahan dalam melaksanakan program pembangunan yang memang semuanya bertujuan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Wahid juga optimis selama kepemimpinannya, jalan darat yang menghubungkan Danau Panggang dan Paminggir akan dapat diselesaikan, begitu juga dengan pembangunan Dermaga Paminggir yang menjadi dambaan dan harapan masyarakat akan dapat diselesaikan.
Selain dua masalah tersebut yang mengemuka, masalah kurangnya tenaga dokter di Puskesmas Sapala, perlunya ambulan dan bantuan bibit ikan bagi kelompok budidaya ikan juga menjadi pembahasan dalam sesi tanya jawab, di mana semuanya mendapatkan tanggapan dan solusi yang jitu dari Bupati HSU, H Abdul Wahid.

Pada kesempatan itu, Bupati HSU juga berjanji memberikan bantuan dana untuk pembangunan Masjid Jamiatus Shobirin Paminggir sebesar Rp 50 juta. Bantuan itu, menurut Bupati H Abdul Wahid, untuk membantu kelancaran pembangunan tempat ibadah tersebut. (Tim) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment