Friday, January 13, 2017

DELTA RAYA

SMP 2 Negeri Jabon Digoyang Pungli

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, Drs Mustain Baladan MPdI.
WALI murid  SMPN 2 Desa Permisan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, protes. Sekolah gratis yang dicanangkan oleh pemerintah dianggap bohong, karena  masih ada pungutan liar (pungli) yang disebut Dana Partisipasi sebesar Rp 3.340.000.  Itulah yang diungkapkan Ali Mursyid, Kordinator Wali Murid.
Pungli yang dikemas secara halus dengan nama Dana Partisipasi ini diperuntukkan antara lain untuk seragam Rp 1.432.000, renovasi sekolah Rp 1.203.000, dan biaya mandiri Rp 705.000.  
“Edaran dari Kepala Diknas Pendidikan, Mustain Baladan, untuk sekolah SD-SMP, melarang pihak sekolah menarik sumbangan pendidikan dari wali murid,” katanya.
Jika sekolah membutuhkan dana mestinya harus jujur dan transparan. Namun jangan membuat patokan dalam jumlah minimal dan batas waktu pembayaran, karena sifatnya sumbangan.  
Sementara itu kepala sekolah tampaknya tidak mau disalahkan dalam penarikan dana ke siswa tersebut. Kilahnya bahwa yang melakukan penarikan adalah komite sekolah. 

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, Drs Mustain Baladan MPdI, belum bisa ditemui. (solik) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment