Tuesday, January 10, 2017

SURABAYA RAYA

SISWA INKLUSI SMPN 30 SURABAYA CIPTAKAN
KARYA YANG KREATIF DAN INOVATIF

Guru kesiswaan SMPN 30 Surabaya, Suliswati dan Windy (psikologi), 
mengapit 2 siswa inklusi SMPN 30 Surabaya.
HASIL karya seni ciptaan para siswa inklusi SMPN 30 Surabaya boleh dibilang sangatlah kreatif dan inovatif. Ada AC-kipas angin yang bahannya terbuat dari gabus, hiasan tas dan tempat bollpoint terbuat dari panel-panel, tempat tissue, gantungan kunci berbagai bentuk dan jenis, cemiti, gelang, kalung yang terbuat dari manik-manik, karet rambut yang terbuat dari kain perca, lukisan dari kain hitam dengan menggunakan bycklin, lukisan terbuat dari kertas, dan masih banyak lagi.
Sementara itu, di bidang akademik, siswa inklusi SMPN 30 Surabaya juga menorehkan prestasi terbaiknya, yaitu juara 1 tenis meja se-Surabaya, juara 1 dan 2 boucee se-Surabaya, juara harapan 1 sepakbola (Dispora) se-Surabaya, juara 3 futsall se-Surabaya, penyaji favorit apresiasi siswa inklusi.
Dan, semua karya serta prestasi siswa SMPN 30 Surabaya di atas dipamerkan dalam pameran Pendidikan Inklusi, Terbuka, KLK dan SLB (apresiasi siswa pendidikan khusus) tanggal 21-22 Agustus 2016 di Balai Pemuda Surabaya, yang bertemakan ‘’AKU BISA MANDIRI. DENGAN KEMANDIRIAN MENGGAPAI PRESTASI’’.
Menurut Suliswati, guru kesiswaan, didampingi Windy (psikologi), Endang (guru Bahasa Indonesia), bahwa semua keterampilan dan pembelajaran yang diberikan kepada siswa inklusi SMPN 30 Surabaya dimaksudkan agar mereka lebih penting bisa hidup mandiri dan cepat beradaptasi di masyarakat kelak, walaupun dengan tenaga pengajar (guru) yang khusus menangani siswa inklusi boleh dibilang terbatas.

Plt Kepsek SMPN 30 Surabaya, Achmad Sya’roni MPd, lewat Wakasek, Podo Waras SPd MM, menambahkan bahwa jumlah siswa inklusi di SMPN 30 Surabaya sebanyak 33 orang. Dan, sudah 5 tahun ini sekolahnya menangani siswa inklusi. Hingga mereka banyak diterima di berbagai SMAN-SMKN favorit di Surabaya. (F.543) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment