Sunday, January 1, 2017

ADVETORIAL TOMOHON

SATKER PENGEMBANGAN SPAM CIPTA KARYA
PENUHI KEBUTUHAN AIR BERSIH DI SULAWESI UTARA

IPA lengkap 20 L/D, reservoar berkapasitas 300 m3 dan rumah jaga.
AIR bersih merupakan kebutuhan utama bagi setiap orang dan mahluk hidup pada umumnya. Air bersih juga jika dikategorikan sebagai air minum akan menjadi kebutuhan yang berdampak langsung pada kesehatan, kesejahteraan fisik, sosial dan perekonomian masyarakat. Oleh karena itu tersedianya air yang memenuhi syarat kesehatan sangatlah dibutuhkan keberadaannya dalam segi jumlah, mutu, ruang dan waktu. Untuk itu kebutuhan air minum bagi masyarakat semakin hari semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan keragaman kegiatan masyarakat sebagai dampak pembangunan di berbagai bidang.
Pemerintah dalam upaya peningkatan kualitas kesejahteraan dan kesehatan masyarakat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya, Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di seluruh wilayah Republik Indonesia lebih khususnya di Sulawesi Utara telah membangun prasarana dan sarana penyediaan air minum di perkotaan maupun di pedesaan.
Kota Tomohon yang merupakan salah satu bagian perhatian dari pemerintah dalam penyediaan air bersih. Di tahun 2016 ini mendapat kucuran dana proyek sebesar Rp 6.330.000.000,- (enam milliar tiga ratus tiga puluh juta rupiah) untuk pelaksanaan pekerjaan pemenuhan kebutuhan pelayanan air minum melalui SPAM IKK Tomohon Selatan dengan pekerjaan pembangunan intake, IPA lengkap 20 L/D, reservoar kapasitas 300 m3, bangunan penunjang, pengadaan dan pemasangan genset serta jaringan pipa.
Satker Pengembangan SPAM Cipta Karya Provinsi Sulawesi Utara, Ir William A D Walintukan, kepada Roy dari FAKTA mengatakan bahwa program pemerintah ini pada intinya untuk mensejahterakan masyarakat baik yang ada di perkotaan maupun di pedesaan, seperti pada pelaksanaan pekerjaan pemenuhan kebutuhan pelayanan air minum pada SPAM IKK Kota Tomohon Selatan ini. Karena dampak positif dari proyek ini akan mampu menyediakan air bersih hingga memenuhi kebutuhan ribuan orang.
”Sumber air ini kami ambil dari aliran sungai Danau Linouw di Kelurahan Lahendong. Jaringan pipanya akan mampu melayani penduduk hingga 6.400 jiwa dan masing-masing di wilayah Lahendong, Kampung Jawa, Tumatantang dan Pinaras. Jadi, pada intinya, ini semua untuk kesejahteraan masyarakat terutama buat kebutuhan air yang memenuhi syarat akan kebersihannya,” jelas William.
Di lain kesempatan, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengembangan SPAM Sulawesi Utara, Ronny N A Londa ST,  menjelaskan kalau upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan air bersih ini kiranya benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat selaku penggunanya dengan sebaik mungkin agar tepat guna dalam pemanfaatannya.
“Iya, semoga masyarakat dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin sehingga benar-benar penggunaannya dapat dirasakan langsung oleh semua kalangan masyarakat,” tukas Ronny, yang pada saat itu didampingi Asisten Teknik, Andrew D Kaunang ST.         
Semoga saja salah satu bagian produk prioritas pemerintah dalam memenuhi kesejahteraan dan kesehatan masyarakat dalam membangun sarana dan prasarana air bersih yang semakin hari kebutuhannya semakin meningkat ini akan tetap terlaksana bukan hanya di tahun ini saja. Namun program prioritas ini juga akan mampu terlaksana di tahun yang akan datang. (F.754) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment