Sunday, October 4, 2015

TANBU

KRPL Tanbu Curi Perhatian Dari Pemkab Banyuasin

KEBERHASILAN Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dalam hal pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) akhirnya menjadi perhatian daerah lain.
Perhatian itu ditandai dengan kunjungan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Propinsi Sumatera Selatan, ke Kabupaten Tanbu belum lama ini. "Asal-muasalnya dari informasi yang didapat dari website Tanbu. Dari situ kami banyak melihat beberapa kemajuan program yang sudah diraih kabupaten ini, termasuk KRPL, sehingga kami tertarik untuk berkunjung serta ingin melihat langsung,” ujarnya.
Lanjut Kepala BKP Kabupaten Banyuasin, Ir H M Yasin Sahri, saat memberikan sambutan di ruang Rapat Bupati Tanbu, setidaknya apa yang didapat dari keberhasilan tersebut adalah sebuah oleh-oleh untuk dibawa serta dijadikan referensi pengembangan KPRL secara berkelanjutan di Banyuasin.
Apa yang didapat dari keberhasilan tersebut adalah sebuah oleh-oleh untuk dibawa serta dijadikan referensi pengembangan KPRL secara berkelanjutan di Banyuasin
              Guna melengkapi referensi yang ingin diperoleh pihak BKP Kabupaten Banyuasin, Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Kabupaten Tanbu, Akhmad Fauzi, turut memaparkan pelaksanaan program KRPL di Tanbu. Dia menjelaskan, pengembangan KPRL di Kabupaten Tanbu terus tingkatkan. Adapun upaya yang sudah dilakukan KKP setempat yakni terus melakukan  pembinaan terhadap Kelompok Wanita Tani (KWT) yang tersebar di 10 kecamatan secara optimal.
             Akhmad Fauzi mengungkapkan, KWT tersebut sudah mampu mengelola pekarangan rumahnya melalui pembudidayaan di sekitar pekarangan, baik jenis tanaman maupun peternakan yang berbasis ekonomi serta ramah lingkungan. Sebagaimana yang menjadi prioritas pemerintah daerah dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat kiranya dapat memanfaatkan pekarangan di sekitarnya.
            "Dengan demikian hasil dari berbagai budi daya yang ada di pekarangan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga sehingga dapat mengurangi beban biaya dalam memenuhi kebutuhan dapur," pungkas Fauzi.
            Kedatangan rombongan BKP Pemkab Banyuasin disambut oleh Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemkab Tanbu, Drs H Muhammad Idjra’i. Acara ditandai dengan pertukaran cindera mata yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan desa percontohan di Desa Batulicin Irigasi, Kecamatan Karang Bintang, yang lebih intensif melakukan pengembangan KRPL, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanbu, Ibu Hj Erwinda Mardani, beserta rombongan. (F.611) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment