Saturday, October 10, 2015

ADVETORIAL BADUNG

Badung Bisa Menjadi Contoh Kabupaten Lain

TIM Kabupaten/Kota Sehat Pusat melakukan verifikasi di Kabupaten Badung. Kedatangan tim tersebut diterima Penjabat Bupati Badung, I Nyoman Harry Yudha Saka, di ruang Teratai Kantor Bappeda Litbang Puspem Badung, Selasa (11/8). Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala Bappeda Litbang Badung, I Wayan Suambara, Kadis Kesehatan, dr Gede Putra Suteja, Tim Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Bali, Ketua Dharma Wanita Persatuan Badung, Ibu Kompyang R Swandika, serta instansi terkait. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Forum Komunikasi Kabupaten/Kota Sehat Kabupaten Badung, IGN Tirta Yusa, menyerahkan dokumen laporan kepada Ketua Tim Pusat.
Ketua Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Pusat, dr Fatum Basalamah, mengatakan, verifikasi ini guna melihat langsung kenyataan di lapangan dengan data laporan yang disampaikan berkaitan dengan penganugerahan Swasti Saba Wistara. Pihaknya mengapresiasi kerja keras Pemkab Badung yang didukung forum komunikasi kabupaten sehat, termasuk masyarakatnya, sehingga mampu menjadi kabupaten sehat tingkat nasional.

Penjabat Bupati Badung, Ir Nyoman Harry Yudha Saka MM, didampingi Kepala Bappeda Litbang Badung, I Wayan Suambara, saat menerima Ketua Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Pusat, dr Fatum Basalamah, di ruang Teratai Kantor Bappeda Litbang,
Puspem Badung, Selasa (11/8)
"Ke depan, Badung bisa menjadi contoh bagi kabupaten lain khususnya di Provinsi Bali, karena telah berturut-turut meraih predikat kabupaten sehat," terangnya.
Dikatakannya, penilaian kabupaten/kota sehat ini bukan menitikberatkan pada bidang kesehatan, namun semua unsur masuk di dalamnya seperti tatanan kesehatan, ekonomi, lingkungan hidup, pertanian dan lainnya.
Sementara itu, Yudha Saka mengatakan, Kabupaten Badung telah meraih penghargaan tertinggi kabupaten sehat atau Swasti Saba Wistara. Penghargaan ini diraih berkat kerja keras di bawah pembinaan dan asistensi secara berkelanjutan dari tim pembina provinsi dan pusat.
"Kami tidak memandang penghargaan tersebut sebagai sebuah prestise semata, melainkan sebagai sebuah kepercayaan dan amanat yang diberikan kepada kami untuk senantiasa mengawal serta semakin memantapkan gerak dan langkah kami dalam mewujudkan Kabupaten Badung yang sehat untuk kesejahteraan masyarakat," katanya
Lebih lanjut ia mengatakan, penyelenggaraan program kabupaten sehat di Badung telah dilaksanakan melalui berbagai program lintas sektor. Semua mengedepankan partisipasi aktif masyarakat, serta mendorong penguatan sinergi antarseluruh pemangku kepentingan. Program tersebut mengacu pada strategi nasional dalam memperkuat upaya perilaku hidup bersih dan sehat, mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan, serta meningkatkan akses air bersih dan sanitasi dasar. Hal itu dilakukan berkesinambungan dalam upaya pencapaian Millennium Development Goals (MDG's) tahun 2015 yang dilanjutkan dengan Sustainable Development Goals (SDG's). (Ist) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment