Wednesday, October 14, 2015

LINTAS ACEH

PANGDAM IM BERKUNJUNG KE SIMEULUE

Pangdam Iskandar Muda (IM), Mayjen TNI Agus Kriswanto, beserta istri
saat disambut silat di Pemda Kabupaten Simeulue
PANGDAM Iskandar Muda (IM), Mayjen TNI Agus Kriswanto, melakukan kunjungan ke Simeulue. Kunjungan diawali ke Makodim 0115/Simeulue disambut dengan tarian Raneup Lampuan, persembahan dari penari anak-anak dan pengalungan bunga, seluruh perwira dan prajurit di Kodim 0115/Simeulue serta ibu-ibu Persit.
Dalam sambutannya dan sekaligus pengarahan kepada seluruh jajaran di Kodim 0115/Simeulue, Mayjen TNI Agus Kriswanto memberikan apresiasi terhadap kinerja jajaran kodim setempat dalam melaksanakan tugas teritorialnya kepada masyarakat. Kunjungan ini merupakan kunjungan kerja sekaligus ajang silaturahmi dengan prajurit dan ibu-ibu Persit.
“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada prajurit TNI. Harapan saya, apa yang sudah dikerjakan harus ikhlas, apabila kita melaksanakan tugas dengan baik berarti kita memperhatikan istri dan anak karena istri dan anak senang melihat kita bertugas menjadi prajurit TNI”.
Terkait kondisi alam di Simeulue, Pangdam IM, Mayjen TNI Agus Kriswanto, menyatakan sangat senang. “Karena suasana di Simeulue sejuk dan dingin,” tuturnya.
Dalam arahannya kepada para prajurit di Kodim Simeulue, ia meminta prajurit TNI menjunjung tinggi profesionalitas dalam menjalankan tugas. Pada kesempatan itu juga ia menyampaikan bahwa apa yang sudah dilakukan oleh Kodim Simeulue selama ini dalam penilaiannya sudah cukup baik.
Dikatakannya bahwa kegiatan positif yang dilaksanakan ini dampaknya harus bisa dirasakan oleh masyarakat. Program ketahanan pangan yang sedang dijalankan oleh TNI dalam rangka untuk menyiapkan swasembada pangan dan ketahanan pangan nasional harus diketahui dan dipahami oleh masyarakat secara luas bahwa TNI bersama pemerintah dan masyarakat berkomitmen untuk mensukseskan program tersebut.
Lebih lanjut pangdam mengatakan, sebagai seorang prajurit dan sebagai ibu-ibu persit agar selalu ikhlas dalam bekerja, mensyukuri apa yang didapatkan dan sebagai seorang suami harus bertanggung jawab kepada istri dan anak dalam memberikan nafkah lahir dan batin. Serta tugas sebagai istri adalah mendukung dan mendoakan suami dalam bertugas sehingga menjadi penyemangat bagi suami dalam menjalankan tugas.
"Hindari setiap pelanggaran, bagi setiap prajurit yang melakukan pelanggaran sama dengan merusak citra TNI AD, karena segelintir oknum prajurit yang tidak bermoral, reputasi dan citra institusi TNI yang selama ini kita perjuangkan jadi tercemar. Apalagi menyangkut pelanggaran penyalahgunaan narkoba,” kata pangdam.
Pangdam juga tidak akan mentolerir prajuritnya yang terlibat masalah narkoba dan akan menindak tegas setiap anggota maupun ibu-ibu persit yang terlibat masalah narkoba. “Tidak ada tempat bagi prajurit yang tidak disiplin dan tidak bermoral. Jadi, jangan sekali-kali bermain-main dengan narkoba karena resikonya sangat berat, ingat keluarga, anak, istri serta karier yang kita bangun ini dilakukan dengan susah-payah. Bila memiliki masalah, masih banyak cara lain yang dapat ditempuh, seperti mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa, perbanyak bersyukur, serta selalu bentengi diri dengan mempertebal keimanan kepada Tuhan YME,” pesan pangdam.
Dalam kunkernya itu juga pangdam bersama istri turut memberikan sejumlah bingkisan kepada sejumlah prajurit yang mampu menjawab pertanyaan. Kemudian memberikan bantuan sebesar Rp 20 juta untuk pembelian alat musik sebagai hiburan bagi prajurit di Kodim 0115/Simeulue.
Selama di Makodim Simeulue, pangdam beserta istri turut melihat berbagai hasil kerajinan tangan dari para isteri prajurit Kodim Simeulue, seperti tikar pandan dan juga selempang khas Simeulue. Selanjutnya pangdam beserta istri juga memetik hasil panen cabe rawit para prajurit.
Usai pertemuan dengan jajaran prajurit Kodim 0115/Simeulue pangdam dan rombongan melakukan pertemuan silaturrahmi dengan jajaran Pemkab Simeulue dan tokoh masyarakat. Pangdam juga disambut dengan silat gelombang dan pengalungan selempang khas Simeulue di depan pendopo Bupati Simeulue di Desa Air Dingin, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue.
Dalam kesempatan itu, Pangdam Agus Kriswanto mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mampu berperan sebagai motivator dengan menyampaikan pesan-pesan yang menyejukkan atau ajakan yang bersifat persuasif kepada segenap lapisan masyarakat dengan menyisipkan beberapa pesan moral, serta nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air. (Mohd Azis) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment