Wednesday, October 14, 2015

LINTAS ACEH

KODIM 0115 SIMEULUE BUKA PENERIMAAN 
SECABA PK KHUSUS PULAU TERLUAR

Rangkaian kegiatan penilaian jasmani untuk mengetahui
kemampuan masing-masing calon Bintara PK pulau terluar
TENTARA Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) kembali membuka pendaftaran penerimaan Sekolah Calon Bintara Prajurit Karier (SECABA PK) TNI AD  tahun 2015. Pendaftaran dibuka tanggal 5 Agustus 2015. Para peserta SECABA PK TNI AD tahun 2015 khusus pulau terluar nantinya akan mengikuti tahap seleksi yang diadakan pada akhir bulan Agustus di Makodim 0115 Simeulue oleh tim pusat dari Banda Aceh.
Komandan Kodim 0115 Simeulue, Letkol Kav Muhammad Syarifudin, menyatakan pihaknya telah melakukan Pembinaan Kesegaran Jasmani (PKJ) yang meliputi rangkaian kegiatan penilaian jasmani untuk mengetahui kemampuan masing-masing calon Bintara PK pulau terluar.
Dalam rangka mengikuti penerimaan SECABA PK TNI AD tahun 2015 khusus kepulauan terluar, pihak Kodim 0115 Simeulue juga telah memerintahkan seluruh babinsa untuk mensosialisasikan di desa binaan masing-masing. Setiap babinsa membina satu orang yang sudah siap ikut seleksi. “Kita mengajak putra terbaik bangsa untuk bergabung menjadi anggota TNI AD. Kami juga perintahkan babinsa untuk terus mensosialisasikan pendaftaran ini hingga ke wilayah desa/kelurahan,” kata Syarifudin yang ditemui Mohd Azis dari FAKTA di Makodim 0115 Simeulue.
Dikatakan bahwa pembinaan PKJ dalam hal persiapan mengikuti tahap seleksi melalui koramil dan babinsa bukanlah penentu kelulusan peserta. "Kelulusan peserta nantinya akan ditentukan oleh tim tingkat pusat yang didatangkan dari Banda Aceh. Tujuan diadakannya latihan tersebut adalah agar setiap peserta benar-benar siap mengikuti seleksi nantinya,” tegas Syarifudin.
Menurutnya, bagi pemuda yang berminat untuk menjadi Bintara TNI AD bisa mengikuti kegiatan PKJ di koramil dan mendaftarkan dirinya di Makodim 0115 Simeulue Desa Amaiteng, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue. “Peserta pendaftaran berumur 18 s/d 20 tahun, berijazah SMA atau sederajat, pendaftar harus melengkapi berkas berupa akte kelahiran, KTP, SKCK, Kartu Keluarga (KK) dan ijasah terakhir pada panitia pendaftaran. Para pendaftar akan mengikuti sejumlah tes di antaranya, tes adiministrasi, kesehatan, jasmani, mental dan ideologi serta tes psikologi,” ujar Syarifudin.
Dari sekian banyak jumlah peserta akan diambil sebanyak 20 orang untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya di tingkat pusat. Dari hasil seleksi di tingkat pusat nantinya diambil lagi sebanyak 10 orang yang dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan SECABA PK TNI AD tahun 2015.
Dalam perekrutan SECABA PK TNI AD tahun 2015 ini, Syarifudin menegaskan kembali, tak ada biaya apa pun yang dibebankan pada peserta alias gratis tidak dipungut biaya apa pun juga. Untuk itu, dia juga menghimbau kepada para calon pendaftar maupun yang sudah mendaftar untuk tidak tergoda jika ada orang yang menawarkan diri membantu meluluskan dengan meminta imbalan uang.
“Pendaftaran ini tidak dipungut biaya apa pun. Jangan percaya kalau ada yang mengatakan bisa meluluskan dengan minta imbalan uang. Yang lolos itu adalah peserta yang lulus tes seleksi oleh tim pusat dari Banda Aceh,” tegas Dandim Letkol Kav Muhammad Syarifudin. (Mohd Azis) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment