Thursday, October 8, 2015

SURABAYA RAYA

OLEH-OLEH KEPSEK SMPN 7 SURABAYA DARI KORSEL

Berdiri di belakang nomor 3 dari kiri Kepsek SMPN 7 Surabaya, Dra Yulia Krisnawati MPd, foto bersama Rektor dan Dosen Universitas DONG EUI, Korsel, di Busan
NEGARA Korea Selatan (Korsel) boleh dibilang salah satu negara di Asia yang maju, masyarakatnya berdisiplin tinggi dan berperilaku hidup bersih, rapi dalam berperilaku sehari-hari. Kepsek SMPN 7 Surabaya, Dra Yulia Krisnawati MPd, bersama sejumlah kepsek SMPN dan SMAN/SMKN di Surabaya mendapat amanah dari Pemkot Surabaya untuk bertandang ke negari gingseng tersebut selama seminggu, pertengahan Agustus lalu. Dengan tajuk program pengembangan guru, rombongan dari Surabaya itu diterima oleh rektor dan dosen serta segenap sivitas akademika Universitas DONG EUI, Korsel, di Busan.
Bahwa di Korsel kurikulum pendidikan dasar (SD, SMP) secara nasional sudah menerapkan pendidikan karakter. Sementara pada implementasinya, anak-anak sejak TK dan SD sudah diajarkan soal kedisiplinan dan sopan santun. Dan pendidikan semacam itu sudah ditanamkan sejak dini dimulai dari rumah atau keluarga siswa (sudah terbentuk). Selanjutnya, dipertajam lagi di sekolah lewat kurikulum SD dan SMP, yang mana kurikulum tersebut hanya memuat 4 mapel. Hingga tak heran di Korsel pemandangan budaya antri beli tiket, pergi ke toilet, beli makan, minuman, beli pakaian dan lain-lain nampak sudah terbiasa. Pokoknya, dalam segala lini kehidupan dan hal nampak tertib, bersih, disiplin, sikap menghargai antara yang muda dengan yang tua atau sebayanya betul-betul dilaksanakan.
Di Korsel, budaya bersih serta disiplin sudah merupakan bagian dari jiwa warganya. Sudah bagian dari tanggung jawab mereka. Sehingga jarang ditemukan orang-orang bergerombol atau tertawa terbahak-bahak serta rasa saling menghargai orang sangat tinggi. Jadi, semakin tinggi jabatan orang di sana semakin low profile, sehingga mereka menerima tamunya sangatlah ‘’friendly’’.
Untuk itulah sikap disiplin, bersih dan sopan santun terhadap guru, orangtua, di SMPN 7 Surabaya diharapkan haruslah lebih bagus dari orang Korsel, mengingat kita hidup di Indonesia. Disiplin, komitmen, tanggung jawab, kerja keras, kesungguhan, team work, cerdas, budaya bersih, akan terus diimplementasikan di SMPN 7 Surabaya. Hal-hal yang kurang bagus akan menjadi bagus, yang tidak berprestasi akan menjadi prestasi.
Dalam keseharian di sekolah wajib menghargai guru, penuh kesungguhan, tertib, menanamkan nilai-nilai kejujuran. Hingga diharapkan dapat berimbas pada siswa SMPN 7 Surabaya yang unggul dan berprestasi baik di bidang akademis maupun non akademis. Lingkungan sekolah kondusif, menyenangkan, lebih familiar, komitmen dalam pembelajaran, membentuk anak-anak sebagai tim yang unggul dan siap berkompetisi di luar sekolah, sehingga SMPN 7 Surabaya tidak dipandamg sebelah mata oleh masyarakat Surabaya, melainkan menjadi pilihan atau tujuan utama untuk melaksanakan pendidikan putra-putrinya. (F.543) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment