Saturday, October 10, 2015

ADVETORIAL BADUNG

Penjabat Bupati Badung Pimpin Upacara HUT RI Ke-70

UPACARA peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Badung berlangsung khidmat. Apel HUT ke-70 Proklamasi Kemrdekaan RI dipusatkan di Lapangan Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung, Mangupraja Mandala, Sempidi, Senin (17/8). Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Penjabat Bupati Badung, Ir Nyoman Harry Yudha Saka MM, dengan Komandan Upacara, Kapten Infantri Ida Komang Widnyana.
Upacara diikuti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Badung, Ketua DPRD Badung, I Nyoman Giri Prasta, beserta para wakil ketua dan anggota DPRD Badung, Sekda Badung, Kompyang R Swandika, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Badung, pimpinan umat beragama, TNI, Polri, pegawai Pemkab Badung, para guru serta pelajar.
Detik-detik proklamasi dimulai tepat pukul 10.00 Wita, diawali dengan pembacaan naskah Proklamasi 17 Agustus 1945 oleh Ketua DPRD Badung, I Nyoman Giri Prasta. Dilanjutkan pembacaan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Cokorda Raka Darmawan. Pengibaran sang saka merah putih dilakukan oleh 70 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Badung. Mereka adalan siswa-siswi SMA dan SMK serta anggota Pomdam X/Udayana.

Penjabat Bupati Badung, Ir Nyoman Harry Yudha Saka MM, foto bersama 
Muspida Badung, Sekda, dan Legiun Veteran RI Badung usai upacara peringatan 
Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-70, Senin (17/8) 
Usai upacara, Penjabat Bupati Badung, Harry Yudha Saka, mengatakan, peringatan HUT ke-70 Proklamasi Kemerdekaan RI dengan tema "Ayo Kerja" merupakan bagian dari pengejawantahan revolusi mental. Di mana momentum peringatan kemerdekaan ini dapat dijadikan inspirasi oleh penyelenggara negara dan masyarakat untuk mengembangkan sikap mental positif, yakni dengan meningkatkan kualitas kinerja. “Melalui peringatan proklamasi ini diharapkan penyelenggara pemerintahan dapat bekerja dengan jujur, disiplin dan meningkatkan kinerja bersama masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan impian kemerdekaan ini,’’ ujarnya.
Setelah peringatan Detik-Detik Proklamasi, sorenya dilaksanakan upacara aubade dan upacara penurunan bendera merah-putih. Sebelum aubade ada pertunjukan marchingband dari TK Fajar Harapan, SD Imanuel, SMP 1  Kuta Utara dan SMA 1 Kuta. Selain itu, ada pementasan Tari Pendet dan Tari Wirayuda dari anak-anak SD se-Kabupaten Badung serta tarian kolosal dari Kodim 1611 Badung. Sementara dalam aubade dinyanyikan lagu Syukur, Hari Merdeka, Berkibarlah Benderaku, Satu Nusa Satu Bangsa, Bagimu Negeri dan Yamko Rambe Yamko. Usai aubade, dilaksanakan upacara penurunan bendera merah-putih tepat pukul 18.00 Wita dengan Inspektur Upacara Penjabat Bupati Badung, Harry Yudha Saka
Setelah rangkaian aubade dan penurunan bendera, dilanjutkan dengan acara syukuran di depan Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung yang diisi pemotongan tumpeng diberikan kepada Legiun Veteran Badung sebagai rasa syukur kemerdekaan bangsa Indonesia. (Ist) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment