Saturday, October 10, 2015

SURABAYA RAYA


SMPN 43 SURABAYA PEDULI PEJUANG 45

Rombongan pengurus OSIS SMPN 43 Surabaya (berdiri di belakang) dan Wakasek SMPN 43 Surabaya, Juri Susilo SPd MM (belakang berdiri nomor 2 dari kanan)
foto bersama para pejuang 45 dan Muspika Bubutan
‘’SAYA merasa senang dan bangga atas kedatangan anak-ana SMPN 43 Surabaya ke rumah ini untuk bersilaturahmi’’. Demikian ucap H Muhammad Mujiono, Anggota Veteran Pepabri Wilayah Ranting Kelurahan Gundi, Kecamatam Bubutan, Kota Surabaya, dengan pangkat terakhir pamen polri, ketika menerima rombongan pengurus OSIS SMPN 43 Surabaya di rumahnya, kawasan Jalan Margodadi Gang Lebar, Surabaya, akhir Agustus lalu, kepada Bambang Suryantono dari FAKTA.
Kepada rombongan pengurus OSIS SMPN 43 Surabaya, pria berusia 80 tahunan itu menceritakan betapa sulitnya merebut kemerdekaan RI dalam kancah peperangan melawan tentara Jepang dan Belanda. Dengan semangat heroic dan gagah berani, para pejuang 45 berhasil merobek bendera Belanda dari Hotel Majapahit Surabaya dengan taruhan nyawa. Merdeka atau mati !
Untuk itulah Mujiono berharap siswa SMPN 43 Surabaya sebagai generasi penerus mewarisi serta menghayati nilai-nilai perjuangan para pejuang 45 tersebut. ‘’Hingga generasi muda itu tetap antusias, gegap dalam mengisi alam kemerdekaan sekarang ini. Mudah-mudahan mereka bisa meneruskan perjuangan kita sehingga Indonesia menjadi tenteram jiwanya’’ ujar Mujiono yang juga merupakan seorang dokter Palang Merah Indonesia (PMI) yang turut berperang melawan penjajah di wilayah Malang, Jatim.
Sementara itu Ketua OSIS SMPN 43 Surabaya, Izzul Arofi, menjelaskan bahwa makna dari kunjungan ini diharapkan ia bersama teman-teman yang lain di SMPN 43 Surabaya memiliki semangat yang lebih besar lagi dan lebih bersungguh-sungguh lagi dalam upaya meningkatkan prestasinya. Karena selama ini merasa masih belum optimal. ‘’Kami akan terus mengembangkan nilai-nilai perjuangan bangsa (para veteran) lewat semangat belajar yang tinggi,’’ ucap Izzul.
Dalam kunjungan itu, rombongan pengurus OSIS SMPN 43 Surabaya selain bersilaturahim juga memberikan tali asih atau kenang-kenangan kepada Mujiono.
Wakasek Kesiswaan SMPN 43 Surabaya, Juri Susilo SPd MM, mengatakan bahwa program tersebut merupakan program baru dan pertama kali dilaksanakan pada tahun ini. Ke depan akan diproyeksikan untuk dilaksanakan selama dua kali dalam setahun yakni bulan Agustus dan November. (F.543) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment