Tuesday, October 6, 2015

PERISTIWA NGAWI

VERIFIKASI KABUPATEN SEHAT DI NGAWI


PENGHARGAAN Kabupaten Sehat memiliki 3 kategori atau jenjang, yaitu Swasti Saba Padapa (Pemantapan), Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan) dan Swasti Shaba Wistara (Pengembangan). Penghargaan ini diberikan setiap dua tahun sekali oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Sedangkan yang memverifikasi tim provinsi dan  diverifikasi ulang oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan berbagai indikator.
Dr Siswanto MM, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ngawi selaku penanggung jawab verifikasi nasional Kabupaten Sehat menjelaskan, pada tahun 2013 Kabupaten Ngawi meraih predikat Kabupaten Sehat dengan kategori Swasti Saba Padapa dan pada tahun 2015 ini akan dinaikkan kategori atau jenjangnya menjadi Kabupaten Sehat dengan predikat Swasti Saba Wiwerda.
Secara keseluruhan ada sembilan indikator yang dilombakan, yakni kawasan pemukiman sarana dan prasana umum sehat, kawasan sarana lalu-lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan kehidupan sosial yang sehat.
Lebih lanjut dijelaskan dr Puji Rusdiarto Adi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi, selaku Ketua Tim Pembina Teknis Kabupaten Sehat bahwa untuk mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan) ada 4 indikator yang dinilai, yaitu  (1) Pemukiman dan Prasarana Umum Sehat, meliputi Alun-Alun Ngawi, Wifi, Tempat Bermain Anak, Rumah Teh Hijau, Sarana Olahraga, Sekolah Adiwiyata SMP Negeri 2 Ngawi, Pasar Desa Beran, Permukiman Desa Beran (Dusun Pojok), Bank Sampah, dan Hutan Kota. (2) Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri, meliputi Sekretariat Forum Kecamatan Ngrambe & Forum Desa Babadan, Kegiatan Unggulan Forum Desa Babadan, Kampung PHBS RT 07 RW 03 Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Ngawi, dan Posyandu Cempaka Desa Beran, Kecamatan Ngawi. (3) Hutan Sehat, meliputi Forum Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, dan Kegiatan Unggulan Hutan dan Perkebunan. (4) Ketahanan Pangan dan Gizi, meliputi Sekretariat Forum Kecamatan Geneng, Sekretariat Forum Desa Keniten, Kecamatan Geneng, dan Kegiatan Unggulan Ketahanan Pangan dan Gizi.
Ketua Tim Penilai Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat Tahun 2015, Slamet Mulsiswanto SKM MKes, usai verifikasi ditemui wartawan FAKTA mengatakan, pada tahun 2015 ada 147 Kota dan Kabupaten di 23 Provinsi yang mengikuti penilaian Kota/Kabupaten Sehat kategori Swasti Saba Wiwerda termasuk Kabupaten Ngawi.
Hasil verifikasi administrasi di tingkat Forum Kabupaten, Forum Kecamatan dan  Forum Desa masih ada sedikit kekurangan dan perlu pembenahan. Sedangkan hasil verifikasi lapangan dengan 4 indikator yang dinilai sudah bagus dan cocok dengan verifikasi administrasi. “Semoga Kabupaten Ngawi dapat memperoleh penghargaan Swasti Saba Wiwerda di tingkat nasional,” ujarnya. (F.968) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment