Saturday, February 13, 2016

UNTAIAN PERISTIWA

GOWA
KELUARGA YASIN LIMPO TERCORENG

PENANGKAPAN salah satu keluarga besar Yasin Limpo, yakni Dewi Yasin Limpo (DYL), oleh KPK beberapa waktu lalu diyakini akan mempengaruhi dan mencoreng citra klan di Sulselbar khususnya di Kabupaten Gowa.
Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini bisa menejadi awal jatuhnya DINASTI POLITIK YASIN LIMPO di Sulsel, apalagi menjelang Pilkada Gowa dan Pilkada Sulsel. Demikian dikatakan pengamat politik dari Univesitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad, kepada FAKTA.
Ia menyebutkan bahwa DYL adalah adik kandung Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, sehingga tampaknya juga akan berdampak terhadap citra politik pemerintahannya karena DYL selalu dikaitkan sebagai adik Gubernur Sulsel.
Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah (UNISMU) Makasar, Andi Luhur Priyanto, menambahkan, penangkapan DYL dalam OTT KPK itu cukup disayangkan. “Itu cukup memprihatinkan, karena yang bersangkutan adalah saudara kandung orang nomor satu di Sulsel”.
Untuk sekedar diketahui bahwa keluarga Yasin Limpo saat ini menguasai beberapa posisi penting dalam pemerintahan dari tingkat lokal hingga pusat.
DYL adalah Anggota DPR RI dan SYL sebagai Gubernur Sulsel sejak tahun 2007  sampai sekarang. Sedangkan saudaranya yang lain termasuk Ichsan Yasin Limpo adalah Bupati Gowa yang baru saja menanggalkan jabatannya karena sudah dua periode menjabat dan kini santer dikabarkan akan maju menjadi Calon Gubernur Sulsel tahun 2017. Kemudian adik perempuannya yang lain, Tenriolle Yasin Limpo, baru saja melepaskan jabatannya sebagai anggota DPRD Propinsi Sulsel dan maju sebagai Calon Bupati Gowa bersaing dengan keponakannya sendiri, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo.
Terus saudara lainnya, Irma Yasin Limpo, kini menjabat sebagai Plt Bupati Luwu Timur, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BKPM Sulsel. Satu lagi saudaranya, Haris Yasin Limpo, baru saja menjabat sebagai Direktur PDAM Makassar. Untuk putri Syahrul sendiri, Indra Chunda Thita, adalah anggota DPR RI dari Fraksi PAN.
Kendati bakal mencoreng citra klan Yasin Limpo di Sulsel namun keluarga Yasin Limpo menegaskan mendukung sepenuhnya langkah KPK dalam upaya memberantas korupsi meskipun yang ditangkap adalah Dewi Yasin Limpo. “Karena kami dari dulu mendukung KPK untuk memberantas korupsi,” tegas saudara kandung Dewi Yasin Limpo, Ichsan Yasin Limpo, di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel kepada wartawan.
Mantan Bupati Gowa dua periode itu pun menegaskan bahwa kasus yang menimpa saudara kandungnya (DYL) tersebut harus diusut sampai tuntas dan dia pun menyerahkan sepenuhnya kepada KPK untuk memproses kasus yang menggegerkan Sulsel ini. “Silahkan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku”.
           Ichsan Yasin Limpo menolak keras jika namanya dikait-kaitkan dengan kasus yang menimpa kakak kandungnya itu. Pasalnya, ia mengaku tidak mengetahui perihal penangkapan dan kasus yang disangkakan pada DYL karena dia berada di Makassar.

Sebelumnya DYL juga pernah tersandung kasus pemalsuan surat keputusan Mahkamah Kostitusi (MK) namun kasus tersebut tidak berlanjut lantaran Mabes Polri menilai kasus itu sarat dengan politik. (Tim) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment