Thursday, February 4, 2016

LINTAS PAPUA

ADVETORIAL

Walikota Jayapura Buka Temu Kader Posyandu Kota Jayapura 2015

Walikota Jayapura, Dr Drs Benhur Tami Mano MM
“YANG terhormat Saudara Ketua DPRD Kota Jayapura (yang mewakili), Saudara Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ibu Ketua TP PKK Kota Jayapura, para pimpinan SKPD, ketua pengurus TP PKK distrik. kelurahan dan kampung, dan para kader posyandu se-Kota Jayapura. Syalom… Saya mengajak kita sekalian memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, berkat rahmat-Nya kita bisa berkumpul bersama menghadiri sekaligus mengikuti kegiatan temu kader posyandu se-Kota Jayapura 2015 ini dalam keadaan sehat,” tutur Walikota Jayapura, Drs Benhur Tami Mano MM, di awal sambutannya dalam acara Temu Kader Posyandu Kota Jayapura 2015 bertema “Kader Giat, Ibu Selamat Anak Sehat” pada Jumat (9/10).
Selanjutnya, Walikota Benhur Tomi Mano mengatakan bahwa tujuan pembangunan kesehatan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat setiap orang agar terwujud derajat kesehatan optimal yang ditandai dengan lingkungan sehat dan perilaku masyarakat memiliki kesadaran untuk menjangkau tempat pelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan merata.
Hal itu sejalan dengan pesan pertama Presiden RI pada Pekan Kesehatan Nasional Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat 2015 di mana beliau menyerukan untuk mengaktifkan kembali posyandu satu wadah sebagai Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM), meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelayanan kesehatan dasar gizi keluarga, yang dilakukan oleh masyarakat dengan dukungan dan bantuan pemerintah. Kader posyandu adalah warga masyarakat setempat yang dipilih dan ditunjuk untuk bekerja secara sukarela mengelola posyandu. Merekalah yang paling memahami kondisi kesehatan masyarakat di wilayahnya. Para kader bertugas melaksanakan kegiatan penyuluhan tentang bayi, balita, dan pemberian imunisasi.


Momentum ini merupakan wahana untuk menghilangkan kejenuhan dalam melaksanakan tugas dan harus dimaknai saling bersilaturahmi membina kebersamaan serta saling bertukar dan berbagi pengalaman sesama kader dalam melakukan kegiatan pelayanan kesehatan yang bermanfaat bagi kemanusiaan guna meningkatkan derajat kesehatan khususnya bagi ibu hamil, bayi baru lahir dan balita.
Tugas kemanusiaan dimaksudkan untuk membina keluarga sehat. Pemerintah Kota Jayapura pun sangat peduli dengan posyandu. Hal itu ditunjukkan dengan dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Walikota Jayapura No.50 Tahun 2012 Tentang Instansi Pembina Pos Pelayanan Terpadu Di Wilayah Kota.

“Setiap SKPD diberi tanggung jawab menjadi orang tua asuh posyandu. Tahun 2013 sampai 2014 setiap kader diberi insentif Rp 50.000/bulan. Kita bersyukur memasuki 2015 ini kepada 925 orang kader saya menginstruksikan diberi insentif sebesar Rp 549.450/bulan. Dana ini tidak terlalu besar, mengingat begitu urgennya tugas para kader. Saya berharap tugas dan tanggung jawab ini terus dijalankan sepenuh hati, penuh rasa tanggung jawab. Saya minta pimpinan SKPD selaku Pembina TP/PKK, Kepala Distrik dan Kelurahan/Kampung untuk terus memperhatikan dan menopang kegiatan pelayanan yang menjadi tanggung jawabnya masing-masing dan diharapkan meminimalisir kesulitan-kesulitan yang dihadapi kader di wilayahnya. Saya ingin menyampaikan beberapa hal penting kepada saudara sekalian para lurah kepala kampung agar terus memotivasi aktivitas posyandu di wilayahnya masing-masing. Saya akan turun ke lapangan untuk mengevaluasi kebutuhan masyarakat dan memantau sejauh mana pembinaan yang dilakukan oleh pimpinan SKPD/distrik, lurah, kepala kampung sesuai SK Walikota. Kepada TP PKK supaya melaksanakan koordinasi efektif dan terus mendorong kinerja para kader dalam memberikan pelayanannya. Kepada para kader peserta sekalian agar menseriusi tupoksi saudara sekaligus dapat membagi pengalaman kepada rekan sejawat, meningkatkan kesetiakawanan, kebersamaan. Demikian yang dapat saya sampaikan dengan harapan temu kader ini dapat memberi manfaat yang besar bagi kita semua, khususnya masyarakat di Kota Jayapura. Akhirnya, dengan memohon pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa, acara Temu Kader Posyandu Kota Jayapura 2015 ini secara resmi saya nyatakan dibuka”. (F.867) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment