Friday, February 12, 2016

SOLO RAYA

SEMANGAT REVOLUSI MENTAL PEMUDA INDONESIA 


FENOMENA baru yang berkembang saat ini tentang berubahnya pola relasi kemasyarakatan, akibat arus modernisasi dan kemajuan teknologi informasi, ibarat pisau bermata dua. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan peningkatan kapasitas pengetahuan dan skill. Namun, pada sisi yang lain membawa dampak negatif, seperti informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dan dengan mudahnya didapat.
Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan peringatannya setiap tanggal 28 Oktober, pada tahun ini mengambil tema revolusi mental untuk kebangkitan pemuda menuju aksi "satu untuk bumi", didasari dari keprihatinan terhadap fenomena yang terjadi di masyarakat saat ini.
Seperti yang disampaikan Drs Agus Santosa dalam sambutannya pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87 Kabupaten Sukoharjo yang dilaksanakan di halaman kantor Sekretariat Daerah Sukoharjo, bahwa lahirnya generasi baru yang memiliki pola pikir serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan pragmatik membutuhkan pendampingan, fasilitasi dan motivasi dari orangtua agar membangun karakter pemuda yang kuat, tangguh dan kokoh menghadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi. Melalui gerakan Revolusi Mental diharapkan para pemuda Indonesia memiliki kemandirian untuk mengambil keputusan-keputusan terbaik secara jernih sesuai dengan akal sehat mereka.
Dalam kesempatan tersebut dibagikan pula piala kejuaraan, piagam penghargaan dan uang pembinaan dari Kapolres Sukoharjo. Adapun lomba yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-87 tahun 2015 di antaranya Lomba Kentongan Berirama Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA se-Kabupaten Sukoharjo; JUARA I SMAN 1 SUKOHARJO, JUARA II SMAN 1 MOJOLABAN, JUARA III SMK VETERAN 1 SUKOHARJO. Lomba PBB Tingkat SD/MI se-Kabupaten Sukoharjo mendapatkan piala dan uang pembinaan; JUARA I SDN MADEGHONDO 01 KECAMATAN GROGOL, JUARA II SDN PALUR 03 KECAMATAN MOJOLABAN, JUARA III SDN GAYAM 01 KECAMATAN SUKOHARJO. Lomba PBB Tingkat SMP/ MTs se-Kabupaten Sukoharjo; JUARA I SMPN 1 KARTASURA, JUARA II SMPN 1 SUKOHARJO, JUARA III SMPN 2 TAWANGSARI. Lomba DA'I KAMTIBMAS Tingkat SMA/SMK/ MA se-Kabupaten Sukoharjo; JUARA I NUNUNG SUPRIYATI (MAN SUKOHARJO), JUARA II FELLA VIDIA FRAWISDHA (SMKN 6 SUKOHARJO), JUARA III IRMA NUR HASANAH (SMK PGRI SUKOHARJO).

Dengan semangat Hari Sumpah Pemuda diharapkan setiap pemuda Indonesia menjadi khalifah fil ard (pemimpin bumi) yang baik, adil dan bertanggung jawab dan mampu bersaing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). (Ist) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment