Tuesday, February 9, 2016

LINTAS KARIMUN

Akhir Januari 2016, 26 Desa Bakal Lakukan Pilkades

DUA puluh enam (26) desa di Kabupaten Karimun pada akhir Januari  2016 bakal melakukan pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak dan telah dianggarkan di APBD 2015.
          Awal tahapan pilkades serentak itu akan mulai dilaksanakan setelah kegiatan Pilkada Serentak dilaksanakan 9 Desember 2015. Anggaran pilkades dianggarkan dalam APBD sekitar Rp 10 juta/desa. “Walau begitu setiap desa yang melakukan pilkades nanti bisa juga menggunakan dana ADD yang terlebih dahulu  dilakukan musyawarah dengan Badan Perwakilan Desa (BPD),” ungkap Kabag Tapem Pemkab Karimun, Dwi Yandri, kepada Hendri dari FAKTA.
         Mekanisme terhadap pelaksanaan pilkades serentak itu masih menunggu  terbitnya Peraturan Bupati Karimun tentang Pilkades yang saat ini hanya tinggal ditanda tangani bupati saja. Dalam salah satu mekanismenya, setiap calon kepala desa bakal mengikuti fit and proper test yang dilakukan oleh panitia pilkades. Hal itu dilakukan guna mengukur kemampuan  setiap calon kepala desa, baik tentang  integritas, menajemen desa  dan pengetahuan  tentang desa itu sendiri.

         “Selain itu fit and proper test yang dilakukan kepada setiap calon kepala desa juga dapat memudahkan masyarakat  untuk mengetahui para calon kepala desa yang akan mereka pilih,” ujar Dwi Yandri. (F.942) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment