Tuesday, June 16, 2015

SURABAYA RAYA : SISWA-SISWI SMPN 12 SURABAYA RAIH KEJUARAAN BERGENGSI

Para siswa-siswi SMPN 12 Surabaya sedang berlatih tari dan karawitan. 
(Foto: F.543)
TIM tari dan karawitan siswa SMPN 12 Surabaya patut mendapat acungan jempol. Grup yang bernama RUM PAMARDISIWI ini berhasil menyabet berbagai ajang lomba atau kejuaraan bergengsi. Salah satunya tahun 2013 pernah meriah juara nasional. Di samping berturut-turut jadi juara 1 dan juara umum Tingkat Kota Surabaya dan Propinsi Jatim tahun 2014 lewat tari remo dan kreasi (kejuaraan nasional diadakan 2 tahun sekali). Kemudian menjadi juara II dan III PSP tahun 2009 dan 2011, meraih 3 besar deteksi contest tahun 2014, juara karawitan se-Gerbangkertosusila tahun 2014 untuk kategori SMP, SMA dan umum di Unair, juara II Campursari se-Gerbangkertosusila Tingkat SMP di Malang serta juara 2 lomba tari tingkat kota dalam pekan seni pelajar dan kini masuk 8 besar lomba FLS2SN Tingkat Propinsi Jatim.
RUM PAMARDISIWI sendiri memiliki arti RUM : Rolas, Unggul, Mandegani). Sedangkan PAMARDISIWI adalah pendidikan belajar anak. Jadi RUM PAMARDISIWI berarti siswa-siswi dalam pembelajaran umum mampu mencetak siswa-siswi menjadi unggul di bidangnya masing-masing sebagai pemimpin.
            Pembina tari dan karawitan siswa-siswi SMPN 12 Surabaya, Juli Setyowati, mengatakan kepada Bambang Suryantono dari FAKTA, pihaknya berharap ke depan tidak hanya tampil di tingkat nasional saja namun juga sudah go internasional. Untuk itulah ia akan membuat manajemen sekolah yang lebih mendalam lagi lewat sanpras yang memadai, bekerja sama dengan orangtua/wali murid, komite, pembina, pelatih. Kini, lanjut Juli, tim tari dan karawitan SMPN 12 Surabaya sudah menjadi anggota PPST (Paguyuban Peminat Seni Tradisional) yang dibentuk oleh Diknas Propinsi Jatim dan baru 2 hari melakukan even.
            Sementara itu tim robotik siswa SMPN 12 juga pernah meraih juara II nasional dalam lomba robot line treser (IARC) di ITS tahun 2014 dan juara 1 dan juara umum lomba hydraulic robot contest BKKKS Jatim tahun 2013. Menurut Suhadi, guru elektro SMPN 12 Surabaya, ke depan diharapkan bisa tampil dalam kejuaraan lomba robot di even internasional. (F.543)
harap pemberantasan narkoba harus tuntas dan semoga tidak ada pelajar yang terlibat dan menjadi korban," ucapnya. (F.568) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment