Monday, June 22, 2015

LINTAS PAPUA : Presiden Jokowi Bagikan 3 Kartu

Presiden Jokowi saat membagikan 3 kartu kepada masyarakat Kota Jayapura
di Pangkalan Pendaratan Ikan Hamadi, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (9/5).
PRESIDEN Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), membagikan secara simbolis 3 kartu yaitu Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIS) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada masyarakat Kota Jayapura. “Saya akan membagikan KIS, KIP dan KKS untuk anak-anak semuanya,” kata Presiden Jokowi di Pangkalan Pendaratan Ikan Hamadi, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (9/5).
            Jokowi menjelaskan, KIP diberikan jaminan untuk murid SD sebesar Rp 450 ribu per tahun, murid SMP Rp 750 ribu per tahun, dan murid SMA Rp 1 juta per tahun. Sedangkan KIS bisa digunakan untuk berobat ke puskesmas. “Jika penyakitnya agak berat maka puskesmas akan memberi rujukan ke rumah sakit dan itu gratis juga,” ucapnya.
            Kemudian untuk KKS diberikan Rp 500 ribu per bulan. “Ini bisa diambil, tapi kalau tidak diambil tidak apa-apa, ditabung saja,” kata presiden.
            Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan kalau dirinya sudah berkunjung ke beberapa lokasi yang ada di Jayapura, dan Minggu (10/5) ia akan ke Merauke, lalu ke Manokwari dan Biak.
            “Sesuai dengan yang saya sampaikan, satu tahun paling tidak saya akan ke tanah Papua tiga kali. Tapi pasti akan membawa sesuatu, entah yang namanya pembangunan untuk jalan, untuk jembatan, untuk kabel, entah membangun pelabuhan. Mungkin tidak di Jayapura, tidak di Sorong, tidak di Manokwari, dan kota/kabupaten yang lainnya,” katanya.
             Jokowi juga meminta agar Gubernur, Walikota dan Bupati yaang ada di Papua untuk segera melengkapi berbagai hal agar ketiga kartu tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh yang menerimanya.

              “Yang menerima KIP harus belajar lebih giat lagi, yang menerima KIS jangan harus sakit tapi harus sehat, kalau bisa jangan dipakai kartunya,” kata Jokowi. (Ist) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment