“Maca
Bareng” di SMPN 43 Surabaya. (Foto: F.543)
|
AWAN gelap disertai hujan
rintik-rintik dan udara dingin tak membuat surut niat siswa-siswi SMPN 43
Surabaya kelas 7, 8, 9, bapak/ibu guru, segenap civitas akademika SMPN 43 beserta
para undangan yang terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat Surabaya, sejumlah anggota
DPRD Surabaya, komite sekolah, orangtua/wali murid SMPN 43 Surabaya, dan masyarakat
untuk mengikuti acara “Maca Bareng” (membaca bersama) dalam rangka memperingati
Hardiknas 2015 dan HUT Surabaya ke-722, sekitar pukul 07.00 WIB, awal Mei lalu.
Dengan motto “Kita Jadikan SMPN 43 Surabaya Sebagai Sekolah Literasi Dan Kita
Sukseskan Surabaya Menjadi Kota Literasi”, para peserta “Maca Bareng” dan undangan
dengan antusias mengikuti acara yang baru pertama kali diadakan di Kota
Surabaya tersebut dengan menggelar tikar sepanjang hampir 1 km di depan gedung sekolah
SMPN 43 Surabaya di jalanan Raden Saleh, Surabaya, kendati jalanan berkondisi basah
terkena guyuran hujan.
Acara dibuka oleh grup banjaran SMPN
43 Surabaya yang melantunkan lagu-lagu bernafaskan Islam. Dipandu pembawa acara,
acara kemudian dilanjutkan dengan “Maca Bareng”. Dengan diselingi lagu mari membaca
buku “Ayo kita baca buku….ayo kita baca buku….guru adalah guru bijaksana….buku adalah
jendela dunia” para peserta nampak gayeng dan bersemangat sekali membaca buku-buku.
Hasilnya, hanya beberapa menit saja, 21.328 halaman buku habis dibaca. Dan
acara dipungkasi dengan dilaunchingnya buku ke-2 karya siswa SMPN 43 Surabaya
yang berjudul “Menabur Mimpi Mengukir Asa”. Dalam kesempatan itu sebuah bank
plat merah menyerahkan bantuan buku 100 judul.
Ketua Komisi D DPRD Surabaya,
Agustina Pauliana, didampingi Khaterina Bambang DH, istri mantan Walikota Surabaya,
Bambang DH, yang juga anggota DPRD Surabaya, beserta para undangan di atas panggung
dalam sambutannya mengatakan, dengan acara ini diharapkan ke depan kualitas siswa
SMPN 43 tidak kalah dengan kualitas siswa SMPN-SMPN favorit yang ada di
Surabaya. (F.543) web majalah fakta / majalah fakta online
No comments:
Post a Comment