Tuesday, June 16, 2015

SURABAYA RAYA : SEMARAK ACARA “MACA BARENG” SMPN 43 SURABAYA

“Maca Bareng” di SMPN 43 Surabaya. (Foto: F.543)
AWAN gelap disertai hujan rintik-rintik dan udara dingin tak membuat surut niat siswa-siswi SMPN 43 Surabaya kelas 7, 8, 9, bapak/ibu guru, segenap civitas akademika SMPN 43 beserta para undangan yang terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat Surabaya, sejumlah anggota DPRD Surabaya, komite sekolah, orangtua/wali murid SMPN 43 Surabaya, dan masyarakat untuk mengikuti acara “Maca Bareng” (membaca bersama) dalam rangka memperingati Hardiknas 2015 dan HUT Surabaya ke-722, sekitar pukul 07.00 WIB, awal Mei lalu. Dengan motto “Kita Jadikan SMPN 43 Surabaya Sebagai Sekolah Literasi Dan Kita Sukseskan Surabaya Menjadi Kota Literasi”, para peserta “Maca Bareng” dan undangan dengan antusias mengikuti acara yang baru pertama kali diadakan di Kota Surabaya tersebut dengan menggelar tikar sepanjang hampir 1 km di depan gedung sekolah SMPN 43 Surabaya di jalanan Raden Saleh, Surabaya, kendati jalanan berkondisi basah terkena guyuran hujan.
            Acara dibuka oleh grup banjaran SMPN 43 Surabaya yang melantunkan lagu-lagu bernafaskan Islam. Dipandu pembawa acara, acara kemudian dilanjutkan dengan “Maca Bareng”. Dengan diselingi lagu mari membaca buku “Ayo kita baca buku….ayo kita baca buku….guru adalah guru bijaksana….buku adalah jendela dunia” para peserta nampak gayeng dan bersemangat sekali membaca buku-buku. Hasilnya, hanya beberapa menit saja, 21.328 halaman buku habis dibaca. Dan acara dipungkasi dengan dilaunchingnya buku ke-2 karya siswa SMPN 43 Surabaya yang berjudul “Menabur Mimpi Mengukir Asa”. Dalam kesempatan itu sebuah bank plat merah menyerahkan bantuan buku 100 judul.

            Ketua Komisi D DPRD Surabaya, Agustina Pauliana, didampingi Khaterina Bambang DH, istri mantan Walikota Surabaya, Bambang DH, yang juga anggota DPRD Surabaya, beserta para undangan di atas panggung dalam sambutannya mengatakan, dengan acara ini diharapkan ke depan kualitas siswa SMPN 43 tidak kalah dengan kualitas siswa SMPN-SMPN favorit yang ada di Surabaya. (F.543) web majalah fakta / majalah fakta online 

No comments:

Post a Comment