Sunday, April 10, 2016

WATAMPONE RAYA

Dishub Bantaeng Bangun 10 Halte Bus

UNTUK mendukung rencana pengoperasian Suttle Bus yang akan mengitari sejumlah obyek wisata di Bantaeng, Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi Kabupaten Bantaeng membangun 10 halte tempat pemberhentian bus untuk mengangkut penumpang. Suttle bus itu dalam waktu dekat sudah bisa dinikmati masyarakat, terutama anak-anak sekolah.
Kepala Dinas Perhubungan Bantaeng, Andi Basa Fahrir, saat ditemui FAKTA Selasa (17/11) mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pembangunan 10 titik halte baru yang disiapkan khusus untuk pemberhentian suttle bus. Berbeda dengan halte bus pada umumnya, lokasi halte ini dibuat agak menjorok ke dalam.
“Jadi, posisinya tidak seperti halte bus pada umumnya. Lokasinya agak menjorok ke dalam. Ibaratnya seperti terminal mini. Busnya tidak bisa langsung berhenti di tepi jalan mengambil dan menurunkan penumpang tapi harus masuk ke tempat yang sudah disediakan,” jelasnya.
Hal itu dilakukan agar penumpangnya nanti yang didominasi anak-anak sekolah dapat merasakan kenyamanan. Tujuannya memang untuk memberikan rasa aman bagi anak-anak sekolah mulai pergi ke sekolah hingga pulang ke rumah masing-masing.
Dia menambahkan bahwa tahun ini baru 10 titik halte yang dibangun. Namun, sesuai konsep dan rencana dalam mendukung program ini akan dibangun hingga 18 halte yang dipastikan akan rampung hingga 2016 dengan menggunakan dana APBN melalui Kementerian Perhubungan.
Dishub Bantaeng saat ini sedang menunggu kedatangan 5 unit bus bantuan dari Kementerian Perhubungan. Jumlah bus berkapasitas 50 kursi penumpang itu diperkirakan akan terus bertambah.
“Rencananya, bus-bus itu akan beroperasi mulai jam setengah enam pagi sampai malam. Jadi, selain mengangkut anak-anak sekolah secara gratis, suttle bus itu juga akan melayani penumpang umum dan dikenakan tariff,” ungkap Kadishub Bantaeng. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment