Monday, April 11, 2016

LINTAS ACEH

Kabupaten Simeulue Merima Penghargaan
Eliminasi Malaria Dari Kemenkes RI

Bupati Simeulue, Drs H Riswan NS, saat menerima penghargaan sertifikasi malaria dari Dirjen P2PL Kemenkes RI, Dr H Mohammad Subuh MPPM
MENTERI Kesehatan Republik Indonesia memberikan penghargaan Sertifikasi Eliminasi Malaria kepada Kabupaten Simeulue. Dikarenakan Pemerintah Kabupaten Simeulue berhasil memberantas malaria di kabupaten yang merupakan daerah kepulauan itu. Penghargaan itu diserahkan oleh Dirjen P2PL Kemenkes RI dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke-51.
Sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Simeulue, dr Armidin, bahwa Bupati Simeulue, Drs H Riswan NS, beberapa waktu lalu menerima penghargaan diberikan oleh Dirjen P2PL Kemenkes RI, Dr H Mohammad Subuh MPPM, atas nama Menkes RI, Prof dr Nila Djuwita F Moeloek SpM, di Gedung Bidakara Jakarta. Penghargaan tersebut diraih  berkat perjuangan panjang selama 13 tahun dalam program Gebrak Malaria yang dimulai sejak tahun 2002 yang lalu.
Atas diraihnya penghargaan itu, dr Armidin uga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak lintas sektoral dan para kader malaria sehingga Kabupaten Simeulue mendapatkan penghargaan dari Menteri Kesehatan RI ini.
Ia pun mengharapkan agar penghargaan sertifikat eliminasi malaria ini dijadikan momentum sebagai upaya pembenahan kesehatan lingkungan terutama kebersihan dari genangan air tempat perindukan nyamuk malaria, agar Simeulue terbebas dari malaria selama-lamanya dan tidak lagi menjadi daerah endemis malaria.

Di samping menjaga kesehatan lingkungan yang bersih dan sehat juga tetap menjaga gigitan nyamuk anopheles dengan selalu menggunakan kelambu antimalaria di saat tidur. "Karena kita hanya bisa berhasil menghilangkan parasit malaria dari tubuh nyamuk, sementara nyamuk dan perindukannya masih tetap ada,” terang dr Armidin. (F.986) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment