Friday, October 10, 2014

WATAMPONE RAYA : GELANDANGAN DAN PENGEMIS, PR BUAT PEMKAB BULUKUMBA

DINAS Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dissosnakertrans) Kabupaten Bulukumba, Sulsel, memiliki data jumlah gelandangan dan pengemis di Bulukumba yang jumlahnya tidak sedikit yakni 1.384 orang. Jumlah tersebut semuanya berasal dari Bulukumba yang tersebar di sepuluh kecamatan. Ini menjadi pekerjaan rumah buat Pemerintah Kabupaten Bulukumba untuk dapat menguranginya.
               Kepala Bidang Pelayanan Rehabilitasi dan Bantuan Sosial, Andi Arapah, menjelaskan, data tersebut belum sempat diperbaharui lantaran tidak adanya anggaran terkait program itu. “Yang jelas, gelandangan dan pengemis rata-rata tidak memiliki tempat tinggal serta putus sekolah akibat kondisi ekonomi yang tidak berkecukupan,” jelasnya.
              Dari jumlah itu, seperduanya sudah menjalani proses rehabilitasi melalui rekomendasi dari Nakertrans ke Pusat Pelayanan Bina Karya Makassar. Saat rehabilitasi, gelandangan dan pengemis mendapat pelatihan keterampilan dengan harapan kebiasaan buruknya selama ini bisa ditinggalkan.
              Selain itu, ada juga program keluarga harapan meski bersifat formal dan sasarannya ibu dan anak. Ibunya diberikan peningkatan kesehatan serta anaknya dibekali ilmu pendidikan, tujuannya untuk memutus mata rantai kemiskinan. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment