Monday, October 6, 2014

DELTA RAYA : WABUP SIDOARJO AJAK BUDIDAYAKAN SUMBER DAYA PANGAN LOKAL

WAKIL Bupati Sidoarjo, H MG Hadi Sutjipto SH MM, mengajak masyarakat Kabupaten Sidoarjo mengembangkan sumber daya pangan lokal menjadi beraneka ragam menu makanan. Ini disampaikan saat membuka kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) berbasis sumber daya lokal di Pendopo Delta Wibawa, Rabu (20/8).
Mengkonsumsi aneka ragam pangan secara seimbang sangatlah penting. Tujuannya untuk mewujudkan hidup sehat, aktif, cerdas dan produktif bagi setiap individu. Ia mengatakan bahwa tidak ada satu pun bahan pangan yang mempunyai kandungan gizi lengkap. Oleh karena itu mengkonsumsi aneka ragam pangan sangat diperlukan bagi tubuh.
H MG Hadi Sutjipto juga mengatakan, untuk dapat memenuhi aneka ragam pangan tersebut dapat diperoleh dari berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan sebagai sumber karbohidrat, protein serta vitamin dan mineral. Ia menyampaikan potensi pangan yang berbasis pada sumber daya lokal di Kabupaten Sidoarjo cukup melimpah. Hanya saja terkadang tidak mudah mengembangkan penganekaragaman pangan karena menyangkut kesehatan, budaya, sosial, ekonomi dan teknologi.
“Tetapi saya optimis konsumsi aneka ragam pangan secara seimbang oleh masyarakat Sidoarjo dapat terpenuhi. Salah satunya yakni dengan melalui kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA berbasis sumber daya lokal kali ini,” katanya. (F.551) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment