Saturday, July 9, 2016

WISATA LOTIM

BERWISATA DI KAKI GUNUNG RINJANI

Sukariyanto dari FAKTA sedang berwisata di kaki Gunung Rinjani
DI kaki Gunung Rinjani terdapat obyek wisata berupa taman nasional yang terletak di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Untuk sampai ke tempat wisata taman nasional itu diperlukan waktu tempuh lebih kurang 2 jam dari Kota Mataram.
Memasuki wilayah taman nasional di kaki Gunung Rinjani di Sembalun itu kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah karena dikelilingi 4 bukit yang sangat indah panoramanya. Tempat wisata di Sembalun itu yang terkenal memang pemandangan alamnya. Selain bisa memetik buah strawbery yang ada di sana, kita juga bisa naik ke puncak Gunung Rinjani karena tempat itu memang menjadi rute pendakian ke puncak Gunung Rinjani. Pemandangan alamnya ketika sore hari awan kabut menyelimuti dan hawa udaranya sangat dingin.
Kawasan taman nasional di Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur
Terkait sarana dan prasarana jalannya dikelilingi oleh hutan dan jika lewat utara melalui pinggir laut. Ketika pagi hari jika ingin jalan-jalan ada penyewaan sepeda dan bisa melihat terbitnya matahari (sunrise) dengan jelas. Selain itu juga bisa menikmati pemandangan alam Gunung Rinjani yang sangat mempesona karena jaraknya hanya 2 km sehingga dapat terlihat dengan sangat jelas ketika pagi hari. Kehidupan masyarakat di Sembalun mayoritas berkebun sehingga di sana-sini terlihat hamparan kebun yang hijau menyegarkan mata.
Mata air panas yang katanya bisa untuk menyembuhkan berbagai macam
penyakit luar maupun dalam serta membuat awet muda
Gunung Rinjani sendiri memiliki puncak setinggi 3.726 meter dan merupakan puncak tertinggi nomor 2 (dua) di Indonesia setelah Gunung Jaya Wijaya di Papua. Gunung Rinjani merupakan pengumpul air di seluruh Lombok dengan pemandangan dan keindahannya yang sangat mempesona sehingga mengundang banyak wisatawan asing maupun lokal untuk mengunjunginya. Apalagi gunung tersebut masih alami, belum ada perubahan apa pun sampai sekarang.
Di sana juga ada mata air panas yang katanya bisa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit luar maupun dalam. Dan, masih menurut masyarakat setempat, juga berkembang mitos bila mandi di sana katanya akan bisa awet muda. Benar-tidaknya mitos itu memang harus dibuktikan langsung dengan mandi di mata air tersebut. Yang pasti, begitu mandi di mata air itu badan kita akan terasa segar-bugar. Ingin membuktikan semuanya, datanglah berwisata ke kaki Gunung Rinjai, dijamin tidak akan kecewa. (F.491/F.997) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment