Monday, July 4, 2016

LINTAS ACEH

TK Islam Mawaddah Gunakan Sistem K13 Dan Sentra

Nurlaila SPd dan anak-anak TK Islam Mawaddah
saat bermain ria dengan berbagai perangkat mainan di halaman sekolah
TK Islam Mawaddah Yayasan Mata Uroe Nanggroe yang beralamat di Jalan Rel Kereta Api No.66 Nibong Wakeuh, Kecamatan Nibong, Kabupaten Aceh Utara, adalah TK yang digemari oleh masyarakat setempat. TK Islam Mawaddah merupakan TK yang dicetuskan, diciptakan dan dibangun oleh Ismed Nur A J Hasan SSos, Anggota DPRK Aceh Utara, asal Nibong Wakeuh yang selalu berhasrat merobah nasib penduduk se-Kabupaten Aceh Utara menuju keberhasilan.
Nurlaila SPd adalah Kepala TK Islam Mawaddah yang setiap hari memikirkan agar pertumbuhan TK Islam Mawaddah dan para anak asuhannya menuju ke arah yang lebih baik dan lebih berkembang. Menurut Nurlaila SPd, hingga tahun asuhan/masa pengajaran 2015/2016 sekarang ini jumlah murid TK Islam Mawaddah sekitar 30-an anak, jumlah gurunya 5 orang, termasuk Kepala Sekolah.  
“TK Islam Mawaddah sekarang ini menerapkan sistem pengajaran K13 kepada anak didiknya. Dengan sistem K13 para guru tidak terlalu banyak berperan mengenai kegiatan anak-anak, tetapi si anaklah yang memilih kegiatan bermainnya sendiri-sendri bersama teman-temannya, dengan cara apa dan bagaimana yang disenanginya atas bimbingan gurunya. Dengan demikian apa yang dilakukan oleh si anak dalam bermain, akan mudah dipahami latar belakangnya oleh guru, termasuk para guru memahami hobi si anak. Bahkan ke depan TK Islam Mawaddah akan merobah sistemnya dari ARKA ke SENTRA. Dengan sistem SENTRA akan lebih terarah pelajaran bagi anak-anak TK,” kata Nurlaila kepada Abbas Gani dari FAKTA.   
Adapun sistem sentra misalnya saja Sentra Drama atau Seni Sentra; si anak akan berperan langsung pada aktor utamanya. Misalnya seorang anak TK berperan jadi guru, tentu saja oleh guru langsung diberikan pakaian guru lengkap dengan penyediaan papan tulis serta alat tulisnya. Dan si peraga yang dinobatkan menjadi guru pada saat itu akan berhadapan langsung dengan anak-anak TK yang dijadikan sebagai murid. Demikian praktisnya sistem Sentra atau Seni Sentra yang disajikan oleh para guru TK Islam Mawaddah kepada anak didiknya.

Kalau misalnya seorang anak TK Islam Mawaddah berperan sebagai “orang berjualan” maka dia akan langsung bertransaksi dengan barang jualannya. Kalau berjualan kue, tentu saja kuenya langsung dijual, yang dapat dimakan langsung oleh si pembelinya dan uangnya langsung diterima dari pembelinya. Walau pembelinya adalah anak-anak TK Islam Mawadah itu sendiri. Dan tak tertutup kemungkinan dagangan kue yang dijual anak TK Islam Mawaddah tersebut dibeli oleh masyarakat umum yang melintas di sekitar lokasi TK Islam Mawaddah pada saat peragaan berlangsung. Karena itulah sistem pengajaran SENTRA yang dilakukan dewan guru TK Islam Mawaddah akan sangat baik dan nyata manfaatnya, di samping lebih mudah dipahami oleh anak-anak asuhannya. (F.434) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment