Thursday, July 7, 2016

LINTAS BERITA

Asistensi APBDes Tahun 2016

DALAM rangka mengoptimalisasi penggunaan Dana Desa tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, melalui tim asistensi penggunaan dana desa mengasistensi APBDesa se-Kecamatan Ponre pada Kamis (25/2) di aula Kecamatan Ponre yang dihadiri oleh kepala desa, sekertaris desa, bendahara desa dan BPD se-Kecamatan Ponre. Acara tersebut dibuka langsung oleh Camat Ponre, Muh Ikbal Sp MM.
Kegiatan asistensi APBDes ini dipimpin oleh tim V yang berasal dari DPKAD, BAPPEDA, PEMDES dan Pendamping P3MD Kabupaten Bone. Dalam sambutannya, Drs Abu Bakar MSi selaku Kepala Bappeda sekaligus Ketua Tim V mengatakan bahwa asistensi ini sebagai acuan pemerintah kabupaten khususnya pemerintah desa agar dalam pelaksanaan dan dokumen desa nantinya mengacu pada regulasi yang ada sehingga kepala desa tidak bersentuhan dengan hukum.
Pemateri dari Bapedda Bone yang diwakili oleh Mustakim menjelaskan tentang tata cara pembuatan RPJMDes, RKPDes dan APBDes mulai dari alur proses pembuatan hingga APBDes tersebut bisa dijadikan dokumen desa dengan menekankan bahwa pembuatannya harus sesuai dengan aturan yang ada. Karena akan menjadi acuan pemeriksa baik dari BPK ataupun KPK. Sebab untuk anggaran desa ini bukan hanya fisiknya saja tapi juga mulai menyentuh pada prosesnya. Karena dana desa di atas satu milyar maka menjadi ranahnya KPK pemeriksaanya.
Begitu pun pemateri dari DPKAD Bone, Hasnaeni, mengatakan, penggunaan dana desa dan dana alokasi desa harus dibagi sesuai dengan porsinya dan mengikuti aturan yang ada.
Sementara pendamping program P3MD Kabupaten Bone, Ali Bas, meminta kepala desa agar dapat bekerja sama dengan pendamping desa. Karena adanya pendamping desa yang tentunya telah mempunyai legalitas dari pemerintah sehingga ketika ada tim pemeriksa baik dari kabupaten maupun provinsi serta pusat, pendamping desa dapat membantu kepala desa dalam mempertanggungjawabkan penggunaan dana desanya. (F.508) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment