Monday, May 16, 2016

LINTAS BATAM

Ketika Seharian Batam Diguyur Hujan

HUJAN yang mengguyur Batam sepanjang hari Minggu (13/12) membuat sejumlah wilayah kebanjiran. Di Perumahan Taman Laguna Indah, Tanjung Riau, Sekupang, misalnya, banjirnya setinggi paha orang dewasa.
Warga terpaksa memindahkan beberapa barang berharga mereka ke tempat yang lebih tinggi. Lurah Tanjung Riau, Almadi, mengatakan, banjir yang terjadi di wilayahnya disebabkan saluran drainase di Perumahan Taman Laguna Indah tak berfungsi dengan baik. Drainasenya terlalu kecil dan tidak bisa lagi menampung air hujan yang turun.
“Banyaknya tumbuhan enceng gondok di parit juga menjadi salah satu penyebabnya, karena tumbuhan tersebut menghambat air mengalir ke laut.

Pembangunan parit yang asal-asalan tanpa memperhatikan lingkungan menjadi faktor utama. Developer hanya mengejar profit, tidak memperhatikan dampak yang timbul ke depannya. Contohnya pembangunan parit, setidaknya ada ukuran dan kedalamannya yang memadai, sehingga dapat menampung debit air. Itu subtansinya. Nah ketika terjadi banjir begini, developer sudah tidak peduli, akhirnya masyarakat mengadu pada kami. Daerah ini memang langganan banjir. Warga sudah sering membersihkan enceng gondok yang ada di parit dengan bergotong royong. Tumbuhan ini cepat sekali berkembang, walaupun sering dibersihkan oleh warga,” ujarnya sambil berharap developer segera memperbaiki parit, seperti mengeruk dan membuang enceng gondok yang ada di sekitar parit. (F.947) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment