Friday, September 5, 2014

LINTAS BERITA : TANAMAN PADI WARGA LAPANG MUSNAH

TANAMAN padi warga Desa Matang Baroh, Kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara, yang masih di persemaian musnah akibat penetrasi air asin. Akibat pasang purnama, air laut merembes masuk ke saluran sawah warga.
              Menurut Safiah, 48, petani setempat, minggu lalu terjadi pasang purnama, sehingga air laut masuk ke saluran warga. Akibatnya, sawah warga mengalami penetrasi air laut. Tanaman padi yang masih di persemaian juga menguning. “Sebagian tanaman di sawah yang masih ada air tawar, bisa bertahan,” tambah dia. Sedangkan sawah yang telah kemasukan air asin daunnya menjadi kuning. Beberapa hari kemudian batang dan daun padi kering. Safiah mengaku kesulitan mendapat bibit tanaman baru, karena tidak memiliki uang untuk membeli benih.
              Sementara itu, tokoh warga Lapang,  Mutalamuddin, 34, mengatakan pasang purnama terjadi sejak Jumat  (25/7). “Air laut telah masuk ke perkampungan nelayan Lapang dan merendam sejumlah tanaman,” jelasnya. Air laut juga meluap ke sawah warga, sehingga merusak tanaman padi.
              Murtalamuddin mengharapkan kepada pemerintah untuk memasang batu gunung sepanjang pantai. Sehingga air laut tidak masuk ke perkampungan nelayan. (F.955) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment