Thursday, September 18, 2014

BALANGAN BUMI SANGGAM

Pemkab Balangan Tebarkan 140 Ribu Bibit Ikan Lokal

Sefek : Masyarakat Turut Aktif Memelihara Sumberdaya Perikanan

Bupati Balangan, Sefek Effendie,
saat menebarkan bibit ikan lokal di Baruh Bahinu
PEMERINTAH Kabupaten Balangan melakukan penebaran bibit ikan lokal sebanyak 140 ribu yang dibagi dua yaitu 70 ribu dilepas di Danau Baruh Bahinu dan 70 ribu lagi di Desa Transmigrasi Lajar Pupuyuan, Kecamatan Lampihong, guna menjaga kelestarian jenis ikan tersebut.
Danau serta setiap perairan merupakan potensi yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama. Oleh karena itu, jangan hanya mengandalkan pemerintah saja untuk memeliharanya, masyarakat sendiri adalah pihak yang paling berkepentingan dan paling merasakan manfaat perairan, dan juga paling merasakan akibatnya, bila perairan atau potensi-potensi di dalamnya rusak.
Pemerintah Kabupaten Balangan mengharapkan tujuan dari pelaksanaan penebaran benih ikan di dua kecamatan, yakni Kecamatan Paringin Selatan dan Lampihong itu tidak hanya menambah populasi ikan lokal. Namun, juga menjaga kelestarian, serta menjamin dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap ikan.
Untuk penebaran bibit ikan lokal di Danau Baruh Bahinu selain menambah populasi ikan, juga bertujuan agar fungsi alami danau bisa terus terjaga sesuai dengan fungsi awalnya, yakni sebagai habitat asli ikan lokal.
Bibit-bibit ikan lokal yang dilepas, di antaranya bibit ikan Gurami, Pupuyu (ikan Betok), serta Patin yang berasal dari Balai Benih Ikan Gunung Manau di Kecamatan Batu Mandi yang dimiliki Dinas PTPHPP Kabupaten Balangan.
Dengan pelaksanaan penebaran bibit ikan lokal tersebut, selain menjamin populasi ikan juga diharapkan bisa memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang memanfaatkan bidang perikanan sebagai penopang ekonomi mereka.
Menurut Bupati Balangan, Sefek Effendie, pelepasan 140 ribu bibit ikan lokal tersebut merupakan program Pemkab Balangan melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura Perikanan dan Peternakan (PTPHPP).
Bupati Sefek Effendie mengatakan, dilakukannya penebaran benih ikan lokal di Danau Baruh Bahinu merupakan sebuah langkah kecil yang bermanfaat sangat besar, guna mewujudkan tujuan pembangunan perikanan secara umum dan membiarkan danau tetap menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi ikan untuk hidup dan berkembang biak. Dan masyarakat pun nantinya akan merasakan manfaat dari pelepasan bibit ikan tersebut.
Pemkab Balangan mengajak agar masyarakat selalu turut aktif dalam memelihara danau, sungai maupun sumber daya-sumber daya perikanan lainnya. Karena peran serta masyarakat, serta kesinergian upaya dengan pemerintah dalam melindungi, merehabilitasi, memanfaatkan dan memperkaya sumber daya perikanan sangatlah penting. (Tim) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment