Wednesday, March 8, 2017

ADVETORIAL BADUNG

Dari Ajang Indonesia Attractiveness Awards 2016
Badung Sabet 3 Penghargaan Terbaik Dengan Indeks 89,56

Kabag Humas Kabupaten Badung mewakili Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, menerima 3 penghargaan terbaik pada Malam Anugerah Indonesia's Attractiveness Awards Tahun 2016 dari Tempo Media Group dan Frontier Consulting Group, 
Kamis (22/9), di Hotel Mulia Jakarta.
PEMERINTAH Kabupaten Badung kembali berhasil meraih 3 penghargaan terbaik sebagai daerah dengan tujuan investasi yang paling diminati oleh investor. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kabag Humas Kabupaten Badung mewakili Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, pada malam Anugerah Indonesia's Attractiveness Awards Tahun 2016 dari Tempo Media Group dan Frontier Consulting Group yang dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informasi RI, Rudiantara, mewakili Presiden RI, Joko Widodo. Turut hadir pada acara tersebut Ketua DPR RI, Ade Komarudin, Menteri PAN- RB RI, Asman Abnur, serta Kepala BKPM, Kamis (22/9) di Hotel Mulia Jakarta.
Dari Ajang Indonesia Attractiveness Awards (IAA) 2016 ini Kabupaten Badung ditetapkan sebagai Kabupaten Terbaik Nasional dengan 3 posisi terbaik untuk katagori pariwisata, katagori ketersediaan infrastruktur untuk koridor wilayah Bali dan Nusa Tenggara serta daya tarik investasi untuk total indeks daya tarik investasi dengan berhasil meraih Penghargaan Platinum dengan Attractiveness Indeks 89,56.
Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, yang diwakili oleh Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Badung, Anak Agung Gd Raka Yuda, menerima ketiga penghargaan tersebut untuk katagori pariwisata dengan posisi terbaik nasional diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara. Sedangkan untuk katagori ketersediaan infrastruktur dengan total indek daya tarik yang dimiliki diserahkan oleh Kepala BKPM. Sementara untuk pengharagaan utama sebagai kabupaten terbaik untuk katagori daya tarik investasi dengan penghargaan platinum diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Asman Abnur.
Menkominfo Rudiantara mengatakan bahwa pemerintah terus mendrive agar pertumbuhan ekonomi nasional terus tumbuh sehingga Indonesia bisa berada pada posisi 7 dunia di masa datang. “Pertumbuhan ekonomi nasional terus didorong agar terus meningkat dengan menggunakan APBN sebagai tool dengan mengarahkannya untuk belanja modal yang bersifat produktif, menciptakan lapangan pekerjaan serta sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat”.
Saat ini dikatakannya bahwa kita tengah  menghadapi kompetisi secara ketat dengan negara-negara lain di dunia untuk menarik investasi. “Tidak mungkin ada pertumbuhan ekonomi bila tidak ada investasi. Oleh karenanya dalam upaya menarik investasi ini dibutuhkan adanya iklim investasi yang sehat, dinamis dan kondusif”.
Di bagian lain, Rudiantara juga menekankan bahwa formula untuk menarik investasi tersebut adalah adanya ketersediaan sarana dan prasarana infrastruktur yang memadai, adanya pelayanan publik yang baik dan berkualitas. Untuk itu diharapkan kepada kepala daerah untuk dapat memeperhatikan formula dalam menarik investasi dengan mengarahkan belanja daerahnya untuk belanja modal, terutama mengembangkan infrastruktur daerahnya serta terus melakukan terobosan dalam meningkatkan pelayanan publiknya. 
Menpan-RB, Asman Abnur, mengungkapkan bahwa malam Anugerah Indonesia Attracctiveness 2016 ini merupakan ajang apresiasi terhadap pemimpin di daerah yang mampu melakukan inovasi sehingga berhasil mengolola segenap potensi daerahnya dengan baik sehingga daerahnya menjadi tujuan investasi secara nasional dan regional. "Kalau setiap kepala daerah mampu melakukan inovasi memberikan kemudahan sehingga dapat menarik investasi maka daerah tersebut akan menjadi makmur dan sejahtera. Oleh karenanya saya tekankan kepada seluruh kepala daerah untuk memberikan kemudahan dan mampu membangun iklim investasi yang sehat sehingga dapat menciptakan lapangan kerja, menekan kemiskinan, sehingga akhirnya akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi secara nasional”.
Menurutnya bahwa keberhasilan suatu daerah sebagai tujuan investasi ini memang dibutuhkan strategi dan komitmen para pemimpin di daerah untuk melakukan inovasi untuk bekerja keras dalam pengelolaan sumber daya yang dimilikinya sehinga mampu mewujudkan kesejahteraan melalui peningkatan pelayanan publik yang berkualitas, termasuk di dalamnya dalam pelayanan perijinan.
Pihaknya bersama segenap jajaran Kemenpan RB akan terus mendorong para kepala daerah untuk melakukan terobosan dan inovasi yang mestinya juga dapat dilakukan replikasi oleh daerah lainnya di Indonesia. Dengan demikian seluruh daerah akan bisa berjalan dan bertumbuh secara bersama-sama. 
Sementara Bupati Badung melalui Kabag Humas, Raka Yuda, mengatakan bahwa keberhasilan meraih penghargaan nasional sebagai kabupaten terbaik untuk ketiga katagori daya tarik investasi ini merupakan buah kerja keras serta komitmen segenap masyarakat, jajaran birokrasi serta pemangku kepentingan lainnya termasuk tentunya dukungan penuh DPRD Kabupaten Badung.
Bupati menegaskan bahwa segenap prestasi yang berhasil diraih hendaknya dapat sejalan dengan tingkat kesejahteraan masyarakat, terwujudnya pelayanan publik yang semakin berkualitas dan meningkatnya daya saing daerah.
Raka Yuda yang juga juru bicara Bupati Badung ini mengungkapkan bahwa Bupati Badung dalam berbagai kesempatan sering menekankan bahwa sebagai daerah dengan tujuan pariwisata nasional dan internasional maka faktor terjaganya keamanan dan kenyamanan ini menjadi faktor penting dan menentukan keberlangsungan pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Badung.
Pemerintah akan melakukan berbagai upaya dan terobosan dalam upaya menyiapkan infrastruktur dan peningkatan kualitas pelayanan publik termasuk menjaga rasa aman dan kenyamanan masyarakat dan para pelaku usaha di Badung.
Hal ini dilakukan karena juga disadari bahwa keberlangsungan pembangunan kepariwisataan ini amat penting karena menjadi penggerak pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Badung.

Ditambahkannya bahwa dalam upaya mewujudkan ketenteraman dan ketertiban di wilayah hukum Kabupaten Badung, bupati telah membuat program bersama dan berkelanjutan dengan jajaran TNI dan Polri guna melakukan patroli bersama dengan jajaran dan aparat terkait di Kabupaten Badung, seperti Sat Pol PP, Kesbangpol Linmas dan pecalang. (Rie) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment