Friday, February 10, 2017

SURABAYA RAYA

SMPN 11 Surabaya Raih Eco School

Kasek SMPN 11 Surabaya, Drs H Masykur Hasan MPd.
PREDIKAT Adiwiyata nasional sudah berhasil digenggam oleh SMPN 11 Surabaya pada beberapa tahun lalu. Dan, sekolah yang berada di kawasan Jl Sawah Pulo, Surabaya, ini telah berhasil menyandang sekolah Eco School (juara 3) se-Surabaya pada tahun 2016. Tentu saja untuk meraih keberhasilan tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun dibutuhkan kerja keras yang melibatkan semua warga sekolah.
Eco School sejatinya adalah bertujuan untuk membentuk jiwa enterprenur bagi siswa di bidang lingkungan hidup. Siswa dilatih bagaimana caranya mengumpulkan serta mendaur ulang bahan dasar sampah hingga sampai ke  pemasarannya. Meski begitu dalam prakteknya ada kendala yang harus dibenahi yakni butuh kejelian yang prima, bersifat kontinyu dan komitmen dari semua warga sekolah.
Adapun tujuan dan motivasi atas terselenggaranya program Eco School ini adalah untuk menyadarkan kepada seluruh warga sekolah soal betapa pentingnya arti lingkungan hidup serta manfaat besar sampah bila kelak dibudidayakan dan dikomersilkan.
Menurut Kepala SMPN 11 Surabaya, Drs H Masykur Hasan MPd, bahwa bank sampah di SMPN 11 Surabaya sudah ada sejak lama, tahun 2011. Sampah-sampah yang ada di bank sampah itu kemudian dikelola menjadi kompos (pupuk), yang selanjutnya akan dibeli sendiri oleh warga sekolah atau masyarakat sekitar. Nah semua konsep di atas semata-mata tidak dimaksudkan untuk ikut dilombakan atau meraih penghargaan-penghargaan saja. Tapi, tujuan utamanya adalah untuk kepuasan warga sekolah itu senndiri. Jadi juara adalah buah kesusksesan, bukan sebagai tujuan utama.

Untuk itulah Masykur berharap semua warga sekolah (SMPN 11 Surabaya) peduli akan lingkungan hidup. Mengingat betapa pentingnya menyelamatkan lingkungan. (F.543) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment