Friday, December 2, 2016

OPINI

JENDERAL TITO KARNAVIAN TEPAT JADI KAPOLRI

PRESIDEN JOKOWI TIDAK SALAH PILIH


JENDERAL Tito Karnavian sangat tepat menjadi Kapolri dan mengukir sejarah baru serta prestasinya luar biasa. Pada saat mendaftar sebagai mahasiswa di 3 (tiga) universitas, semuanya diterima yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gajah Mada (UGM). Di UI diterima di Fakultas Kedokteran tetapi Tito Karnavian lebih memilih masuk AKABRI pada saat itu untuk mengabdikan dirinya sebagai prajurit, sebagai penegak hukum. Dan ketika masih menjadi taruna AKABRI sudah kelihatan menonjol. Prestasinya menjadi lulusan terbaik. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun pernah mengatakan karier Tito akan naik. Dan itu terbukti benar adanya.
Badannya tidak terlalu besar alias sedang-sedang saja tetapi otaknya cerdas dan cemerlang. Orangnya pun supel, mudah bergaul, tidak sombong dan mudah menyesuaikan diri. Dengan seniornya tetap hormat dan menghargai. Tito dapat diterima oleh berbagai kalangan. Hal itu bisa dilihat pada saat Presiden Joko Widodo mencalonkan Kapolri hanya satu orang saja yaitu dirinya, tidak ada satu orang maupun kelompok organisasi kemasyarakatan, parpol, politisi, pengamat, cendekiawan, atau dari kalangan Polri sendiri tidak ada yang mempermasalahkan. Para seniornya pun turut mendukung Tito Karnavian dicalonkan menjadi Kapolri.
Coba tengok pada masa yang lalu, pencalonan Kapolri menjadi perdebatan, gemuruh dan hiruk-pikuk mempertanyakan kredibilitas dan kemampuan figur yang dicalonkan. Termasuk mempermasalahkan soal rekening gendut dan lain sebagainya. Tetapi pencalonan Tito Karnavian mulus-mulus saja tanpa hambatan sedikitpun.
Yang menarik, pada saat Tito Karnavian menjalani fit and proper test oleh DPR RI, ada salah satu anggota DPR dari Partai Demokrat mempertanyakan pada Tito,”Saudara lebih memperhatikan, mengutamakan dan patuh kepada presiden atau kepada masyarakat ?” Itu sebenarnya merupakan pertanyaan jebakan, namun jawaban Tito sangat mengejutkan. Jawabannya tidak disangka-sangka akan sebaik dan seindah itu. Jawaban yang sangat cerdas dan bijak. Apa jawaban Tito ? Jawabanya sangat bagus dan tepat yaitu Polri mengemban tugas 2 (dua) fungsi sebagai yudikatif dan eksekutif. Pertama, yudikatif sebagai penegak hukum siapa saja harus menegakkan supremasi hukum. Hukum di atas segala-galanya harus patuh dan tunduk pada hukum. Sedangkan sebagai fungsi eksekutif harus patuh dan tunduk pada presiden. Presiden adalah sebagai atasannya dan harus loyal pada atasannya. Itu jawaban yang luar biasa. Itu pertanyaan yang membingungkan tetapi Tito menjawab dengan tenang, cerdas dan sangat tepat. Sehingga yang bertanya tidak bisa berkutik lagi hanya manggut-manggut dan mesam-mesem saja merasa puas dengan jawaban tersebut.
Tito Karnavian memiliki visi dan misi yang sangat bagus, di antaranya menjaga soliditas internal polri dan melanjutkan reformasi polri secara menyeluruh dan konsisten. Termasuk memberantas pungli, korupsi, nepotisme, narkoba, terorisme. Semua itu untuk kepentingan pelayanan dan perlindungan masyarakat . Selain itu untuk mengembalikan nama baik polri itu sendiri.
Diharapkan Jenderal Tito Karnavian sebagai Kapolri dapat bekerja dengan baik dan sukses serta memenuhi janji-janjinya sesuai visi-misi yang telah diprogramkan dan telah disampaikan pada DPR serta masyarakat. Masyarakat selalu menunggu janjimu, jenderal. Jangan sampai lupa, utamanya yang menyangkut dan menyentuh kepentingan masyarakat banyak.
Selamat berjuang, jenderal, semoga berhasil dan sukses. Penulis doakan prestasi jenderal akan lebih meningkat lagi dari yang dicita-citakan. Siapa tahu nantinya bisa juga menjadi Presiden Republik Indonesia. Semua itu Tuhan yang menentukan dengan disertai doa dan daya upaya. Tuhan tidak akan merubah takdir manusia apabila manusia itu sendiri tidak melakukan daya upaya untuk keberhasilan dan kesuksesannya. Orang lain tidak akan bisa menghalang-halangi apabila sudah ditadirkan menjadi orang yang terhebat di negeri ini. Semoga selalu ingat pada Sang Pencipta, Tuhan akan selalu melindungimu, jenderal. Amin.
Oleh :











Imam Djasmani
Kepala Perwakilan Majalah FAKTA
Provinsi Jawa Timur 

No comments:

Post a Comment