Monday, December 12, 2016

ADVETORIAL

Surabaya Raih Adipura Paripurna Dan Nirwasita Tantra Award 2016

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Surabaya, Musdiq Ali Suhudi.
WARGA Kota Surabaya patut berbangga. Bagaimana tidak, Surabaya menjadi kota pertama di Asia yang tampil sebagai tuan rumah konferensi internasional The Third Session of The Preparatory Committe for Habitat III (Prepcom 3). Nah, dua hari menjelang dimulainya agenda yang dihadiri ribuan delegasi/tamu dari 193 negara itu, Surabaya meraih prestasi membanggakan.
Pemerintah Kota Surabaya meraih dua penghargaan sekaligus di bidang lingkungan. Yakni, juara pertama Nirwasita Tantra Award 2016 untuk tingkat kota. Serta, Adipura Paripurna untuk kategori kota metropolitan. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, dan juga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, di Istana Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Jumat (22/7).
Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Surabaya, Musdiq Ali Suhudi, mengatakan, Nirwasita Tantra Award (NTA) merupakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada pemerintah daerah (provinsi/kota/kabupaten) yang berhasil mengembangkan kebijakan dan program-program pembangunan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan. Dan, berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. SK.478/MENLHK/SETJEN-DTN.0/6/2016 ditetapkan pemenang Nirwasita Tantra Award Tahun 2016 untuk tingkat kota adalah Surabaya. Dan, juara II adalah Balikpapan.
“NTA merupakan piala bergilir diberikan kepada Kota Surabaya yang berhasil meraih peringkat tertinggi nasional kategori kota untuk penyusunan status lingkungan hidup daerah. Selain Piala NTA, Surabaya juga memperoleh trofi dan piagam penghargaan untuk penyusunan SLHD,” jelas Musdiq.   
Sementara Adipura Paripurna merupakan jenis Adipura tertinggi kategorinya. Ini merupakan penghargaan Adipura ketujuh berturut-turut bagi Surabaya untuk kategori kota metropolitan. Sekadar informasi, Adipura memiliki beberapa kategori, yakni kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil.
Lalu, apa kunci sukses Kota Surabaya memenangi Piala Adipura Paripurna ? Musdiq Ali menjelaskan, penghargaan Adipura Paripurna ini diberikan kepada kota yang dinilai berhasil dalam pengelolaan lingkungan sekaligus mengkombinasikan dengan keberhasilan inovasi di bidang ekonomi, turisme, kesehatan, partisipasi masyarakat, serta pelayanan publik.
“Jadi untuk Adipura Paripurna kriterianya sudah komprehensif seluruh aspek perkotaan. Tidak hanya lingkungan, tetapi juga ekonomi, sosial, partisipasi masyarakat dan dunia usaha. Juga inovasi teknologi untuk pembangunan kota yang berkelanjutan,” jelas Musdiq. 

Sebelumnya, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, mengatakan, tujuan awal Pemerintah Kota Surabaya dalam membangun kota bukanlah untuk mendapatkan penghargaan dan piala. Tetapi agar Surabaya lebih bersih serta nyaman untuk ditinggali oleh warganya. “Kalau sudah seperti itu, warga Surabaya bisa lebih sehat. Tujuan itu yang selalu kami perjuangkan,” tegas walikota. (Rilis) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment