Monday, July 6, 2015

LINTAS ACEH : PEMBANGUNAN DAYAH DARUSSAADAH SEUNUDDON DILAKSANAKAN SECARA SWADAYA

Tgk Hasballah, Pimpinan Dayah Darussaadah Seunuddon,
dan pembangunan mushalla wanita Dayah Darussaadah yang baru rampung 50 %.
 
DAYAH (Pesantren) DARUSSAADAH Gampong Cot Trueng Kemukiman Kuta Piadah, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, yang dibangun dengan konstruksi permanen penuh kesederhanaan berlanjut secara maraton sedikit demi sedikit, pelan dan tertatih-tatih. Pasalnya, pembangunan Dayah DARUSSAADAH Cot Trueng itu dilakukan secara swadaya masyakakat, mulai sejak penyediaan tanah lokasi pembangunannya yang diperoleh atas sumbangan waqaf sampai dengan membangunnya pun swadaya dari dermawan dan kesadaran warga kaum muslimin dan muslimah. Dayah DARUSAADAH ini mulai dibangun sejak tahun 2006. pembangunannya dilaksanakan secara menyeluruh, mulai dari konstruksi pembangunan bilik santri pria dan bilik santri wanita masing-masing berukuran 12 X 47 meter. Hingga saat ini masih berlanjut dengan tingkat kerampungannya baru sekitar 25%. Mushalla putra baru mulai dikerjakan. Pembangunan bak air yang dilengkapi dengan MCK berkonstruksi beton permanen juga sedang dimulai dengan ukuran 4 X 10 meter disertai dengan sumurnya. Mushalla putri yang juga berkonstruksi beton permanen dengan ukuran 13 X 6 meter hingga saat ini rampung sekitar 50%.
Menantikan rampungnya pembangunan Dayah DARUSSAADAH secara keseluruhan untuk sementara kegiatan pengajian ditempatkan di tempat pengajian sementara. Tempat menginap para santri pun ditempatkan di bilik sementara, yang pembangunannya pun atas swadaya masyarakat.
Dayah DARUSSAADAH Cot Trueng Seunuddon dipimpin langsung oleh Tgk HASBALLAH yang sering disebut Tgk Om, dan sebagian masyarakat memanggilnya Tgk Sawet, dengan nomor telepon selularnya 081360373364. Kenapa Tgk Hasballah dipanggil Tgk Sawet ? Karena lokasi Dayah DARUSAADAH di bawah pimpinan Tgk Hasballah didominasi oleh pepohonan kelapa sawit.
Menurut Tgk Hasballah, jumlah santri Dayah DARUSSAADAH sampai sekarang sekitar 120 orang, sementara santri yang statusnya berdagang tinggal di Dayah siang dan malam sekitar 60 orang. Guru yang berbakti mengajarkan pengajian di Dayah DARUSAADAH sementara ini berjumlah 12 orang. 
Struktur kepengurusan Dayah DARUSSAADAH Gampong Cot Trueng Kemukiman Kuta Piadah, Kecamatan Seunuddon, Pimpinannya adalah Tgk Hasballah, Ketua Umum, Tgk Zulbaili, Wakil Ketua Umum, Tgk Husaini, Sekretaris, Tgk Zulfani, dan Bendahara, Tgk Khairuddin. Seksi-seksinya adalah  Tgk Edi S dan Tgk Idris M sebagai seksi pendidikan. Tgk Nazaruddin dan Tgk Alif M selaku seksi keamanan. Tgk Akbar dan Tgk H Fuad sebagai seksi kebersihan, sementara Tgk Ikhwanul dan Tgk Muzakir ditempatkan sebagi seksi pembangunan. Tgk Juanda dan Tgk M.Rajis pemegang seksi ibadah. Sedangkan Tgk M Riza dan Tgk Mifzal ditempatkan sebagai seksi hubungan masyarakat.
Bagi masyarakat yang punya hajat dan kemudahan untuk beramal bakti secara ukhrawi, dipersilakan untuk menghubungi panitia atau langsung menghubungi Pimpinan Dayah, Tgk Hasballah, di HP 081360373364.

“Sesuai anjuran Gubernur Aceh, Dr Zaini Abdullah, maupun anjuran Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib, agar di seluruh pelosok Aceh, di kota maupun di desa, dihidupkan pengajian untuk semua usia. Sehubungan dengan hal itu kami menghimbau pula kepada Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara baik eksekutif maupun legislatif untuk berkenan membantu penyelesaian pembangunan Dayah DARUSSAADAH Gampong Cot Trueng Kemukiman Kuta Piadah, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, yang sedang dilaksanakan,” himbau Panitia Pembangunan dan Pimpinan Dayah DARUSSAADAH melalui M Abbas Gani dari FAKTA. (F.434) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment