Tuesday, September 12, 2017

HSU

HSU Juara 1 KearsipanTingkat Nasional

Plt Sekretaris Daerah HSU, Drh H Suyadi, mewakili Bupati HSU, H Abdul Wahid, saat menerima penghargaan Juara 1 Kearsipan Tingkat Nasional yang digelar oleh 
Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta.
KABUPATEN Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, kembali menorehkan prestasinya di tahun 2017, yaitu prestasi di bidang kearsipan dengan meraih Juara 1 Kearsipan Tingkat Nasional yang digelar oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri PAN-RB RI, Asman Abnur, dan diterima oleh Plt Sekretaris Daerah HSU, Drh H Suyadi, mewakili Bupati HSU, H Abdul Wahid, di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI Ke-72.
H Karyanadi, Kasi Kearsipan Dinamis Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah HSU mengatakan bahwa prestasi yang dicapai Kabupaten HSU tersebut didapatkan setelah melewati berbagai tahapan dan perjuangan untuk memajukan kearsipan di Bumi Bertaqwa.
Seperti menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) kearsipan tentang pengelolaan arsip dinamis, statis dan arsip vital yang digelar dengan tujuan memberikan pemahaman tentang pengelolaan arsip meliputi arsip dinamis, statis dan vital. Dan, memang penting untuk digelar dengan dasar Peraturan Darah (Perda) No. 16 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Kearsipan yang diikuti puluhan perwakilan dinas, badan, kantor serta BUMD se-HSU, yang didukung Peraturan Bupati (Perbup) No. 13 Tahun 2016 Tentang Pedoman Dan Penatalaksanaan Kearsipan Di Lingkup Pemkab HSU.
Dukungan perda dan perbup itu memberikan insentif pada petugas pengelola arsip agar bisa meningkatkan untuk pengarsipan penting daerah nantinya.
Tidak hanya mendapatkan dukungan berupa perda dan perbup yang terkait dengan kearsipan, Kabupaten Hulu Sungai Utara mendapat kunjungan dari Tim Penilai Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Gedung Arsip HSU. Dan kunjungan ini menjadikan Kabupaten HSU lebih termotivasi lagi untuk menghadapi penilaian yang akan diberikan oleh Tim Penilai ANRI.
Kedatangan tim penilai ini guna meninjau kelengkapan data kearsipan Hulu Sungai Utara, menyusul terpilihnya Hulu Sungai Utara untuk mewakili Provinsi Kalimantan Selatan dalam penilaian kearsipan tingkat nasional.
Berdasarkan penilaian di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Hulu Sungai Utara terpilih mewakili Kalsel karena memenuhi syarat Arsip Tingkat Nasional, seperti mempunyai Peraturan Bupati dan Peraturan Daerah yang menjadi payung hukum untuk kearsipan, dan memiliki kelengkapan yang memadai seperti arsip foto-foto pimpinan daerah Hulu Sungai Utara dari masa ke masa, video-video, serta arsip pendukung lainnya.
Melalui penilaian ini diharapkan Hulu Sungai Utara menjadi contoh untuk kabupaten lain di Provinsi Kalimantan Selatan dalam pengelolaan kearsipan.
Dijelaskannya, pada tahun 2013 HSU pernah menjadi Juara 4 Kearsipan Terbaik Tingkat Nasional, dan pada tahun 2015 HSU meraih Juara 2 Tingkat Nasional,serta pada akhir tahun 2017 HSU berhasil meraih Juara 1 Tingkat Nasional.
Untuk penilaian kearsipan tersebut meliputi kebijakan, produk hukum, adanya Perda dan Pergub mengenai kearsipan, peningkatan SDM dalam peran pemerintah daerah, serta fasilitas gedung/ruangan dan anggaran. Penilaian dilakukan langsung oleh ahli kearsipan dari ANRI.
Untuk ke depan, pihak Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah HSU berharap dapat membuat ruang diorama, di mana ruangan tersebut berisi tentang sejarah berdirinya Hulu Sungai Utara, foto-foto Bupati HSU pertama sampai sekarang, dan lain-lain. Diharapkan dengan adanya ruang diorama tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat.
Seperti diketahui, karena kearsipan mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan instansi, maka arsip perlu dikelola dengan baik sehingga ketika ada pihak yang membutuhkan akan dapat disajikan dengan cepat dan tepat.
Dengan perkembangan teknologi modern seperti sekarang ini, mengakibatkan kedudukan kearsipan semakin meningkat, terutama karena manfaatannya. Ini memang dapat dibuktikan ketika dengan sering adanya pembangunan dan mengakibatkan berpindah-pindahnya tempat, maka segala macam surat bisa jadi akan hilang atau terselip entah ke mana.
Dan pada suatu saat kita akan membutuhkannya, kita akan dibuat kalang kabut. Untuk itu betapa pentingnya kita mengarsipkan segala sesuatu yang kita anggap penting. Teknologi modern telah menciptakan berbagai perangkat dan sistem yang besar sekali manfaatnya terhadap kearsipan. Hal tersebut telah dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten HSU dengan memiliki kelengkapan yang memadai, seperti arsip foto-foto pimpinan daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara dari masa ke masa, video-video, serta arsip pendukung lainnya, juga didukung oleh perda dan perbup Kabupaten HSU. (Tim)

No comments:

Post a Comment