Saturday, September 2, 2017

ADVETORIAL KOTA KEDIRI

Apel Ternak Dihadiri Mas Abu Dan Ning Lik

Walikota Kediri, Mas Abu, saat menyuntik salah satu sapi peserta apel di Kwangkalan, Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, Jumat (21/7).
JIKA orang melaksanakan apel itu sudah biasa. Namun jika sapi yang ikut apel, tentu sangat luar biasa dan jarang ditemui. Seperti yang terjadi pada hari Jumat (21/7) di Kwangkalan, Kelurahan Tempurejo, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur. Walikota Kediri dan Wakil Walikota Kediri juga turut hadir dan meninjau 75 sapi potong yang ikut apel tersebut.
Apel sapi ini dalam rangka mensukseskan program pemerintah UPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting). Sapi potong tersebut akan diberikan pelayanan kesehatan dan kawin suntik. Di Kota Kediri, menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), populasi sapinya sebanyak 3.600 ekor dan untuk populasi terbanyak di Kecamatan Pesantren sekitar 2.000 ekor sapi.
Abdullah Abu Bakar, Walikota Kediri, menghimbau agar sapi yang produktif atau yang betina jangan disembelih karena bisa dikembangkan sehingga dapat menambah jumlah sapi. “Sapi-sapi yang didapat dari kementerian juga jangan buru-buru dijual, dikembangkan dulu supaya kita juga punya bibit-bibit yang baik,” ujar Mas Abu (panggilan akrab Walikota Kediri).
Walikota Kediri juga menambahkan, sapi milik warga Kwangkalan ini sehat, dan sapi-sapi tersebut untuk menjaga keseimbangan ketahanan pangan di Kota Kediri. “Karena ini perkotaan jadi harus seimbang, kita juga peduli terhadap pertanian dan peternakan,” ujar orang nomor satu di Kota Kediri ini.
Ropingi, salah satu peternak sapi, saat dihubungi FAKTA mengaku senang dan hal ini bisa memacu semangat para peternak sapi agar lebih memperhatikan kesehatan sapi yang dimiliki.
Perlu diketahui, sapi yang mengikuti apel ternak tersebut merupakan sapi milik warga Kwangkalan bagian timur di empat RT yaitu RT 15, 18, 20 dan RT 21. Di samping itu juga terdapat penyerahan hadiah lomba KRPL Kota Kediri di mana juara 1 KRPL Sakinah dari Kelurahan Manisrenggo, juara 2 KRPL Melati Kelurahan Rejomulyo, dan juara 3 KRPL Dewi Kilisuci Kelurahan Pojok. Selain itu juga ada penyerahan bansos berupa alat dan mesin pertanian yaitu 5 buah pompa dan 1 buah traktor roda dua.

Apel ternak tersebut dihadiri oleh Walikota Kediri, Mas Abu, Wakil Walikota Kediri, Lilik Muhibbah (Ning Lik), Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri, Semeru Singgih, Kepala Kecamatan Pesantren, Eko Lukmono Hadi, dan Kepala Satuan Kerja Pemkot Kediri. (ADV PEMKOT)

No comments:

Post a Comment