Saturday, September 2, 2017

ADVETORIAL NGAWI

Bupati Ngawi, Ir H Budi Sulistyono Kanang, Mencanangkan Kirab Gunungan Spektakuler Tahunan Sebagai Salah Satu Destinasi Wisata Unggulan Ngawi

Bupati Ngawi Buka Acara Kirab Gunungan Spektakuler 2017.
BUPATI Ngawi, Ir H Budi Sulistyono Kanang di tahun 2017 telah mencanangkan Ngawi Spektakuler di seluruh aspek kehidupan serta penetapan 'Ngawi Visit Year 2017' di mana Kabupaten Ngawi diharapkan mampu menjadi barometer pariwisata Jawa Timur.
Sebagai realisasi kegiatan ini di antaranya Pawai Gunungan Pasar Tradisional yang bertempat di Alun-alun Merdeka Ngawi (26/7/2017) di mana masing-masing pasar mengeluarkan gunungan sesuai potensi yang dimiliki. Terdapat 24 gunungan diarak keliling Kota Ngawi dan start dari Alun-alun Merdeka dipersembahkan kepada masyarakat Ngawi untuk diperebutkan. Acara ini dibuka Bupati Ngawi, Ir H Budi Sulistyono Kanang, ditandai dengan memukul beduk.
Bupati Ngawi, Ir H Budi Sulistyono Kanang, dalam sambutannya pada acara Kirab Gunungan Spektakuler mengatakan,"Kirab Gunungan sebagai suatu tradisi sedekah bumi yang harus kita lestarikan dan itu bentuk rasa syukur kita pada Sang Maha Pencipta. Harus kita ketahui acara ini merupakan pertama kali digelar. Kirab Gunungan ini menampilkan 24 jenis gunungan. Adapun jenisnya ada gunungan ayam panggang, gunungan aneka buah dan sayuran, gunungan macam-macam jajanan, gunungan ikan dan gunungan batik. Dalam gunungan tersebut memamerkan hasil bumi dan home industry batik khas Ngawi. Tempat transaksi penjualannya di pasar-pasar tradisional yang ada Ngawi dan merupakan salah satu penggerak utama roda perekonomian kerakyatan. Sudah banyak pasar tradisionnal di Ngawi yang kita bangun dan kita perbaiki supaya ekonomi masyarakat sekitar tumbuh dan berkembang. Revitalisasi meliputi fisik pasarnya, manajemen pengelolaan SDM maupun tata kelola secara umum. Diharapkan pasar tradisional mampu berkompetisi dengan pasar modern. Kirab Gunungan Spektakuler menjadi agenda rutin setiap tahun dan merupakan salah satu destinasi unggulan wisata Kabupaten Ngawi. Terbukti tahun ini puluhan wisatawan dari mancanegara Amerika, Kanada dan Perancis datang ke Ngawi menyaksikan peristiwa Kirab Gunungan sangat terpesona”.
Para Turis Mancanegara Bersama Bupati Ngawi 
Di Acara Kirab Gunungan Spektakuler 2017.
Tahun depan saya berharap gunungannya lebih banyak dan spektakuler lagi, syukur-syukur bisa masuk rekor MURI,” ungkap Budi Sulistyono Kanang.
Lebih lanjut dijelaskan,"Kirab Gunungan akan digelar setiap tahun dan ini merupakan salah satu budaya dan tradisi yang harus dilestarikan di Kabupaten Ngawi. Harapan saya dengan adanya Kirab Gunungan ini wisatawan domestik dan mancanegara akan datang lebih banyak lagi di tahun mendatang. Animo warga sangat luar  biasa. Mari kita wujudkan Ngawi yang ramah serta Ngawi  spektakuler dalam mewujudkan Ngawi Visit Year 2017”. (ADV/HUMAS/Prastiwi)

No comments:

Post a Comment