Thursday, September 29, 2016

LINTAS NGAWI

SMP NEGERI 1 GENENG KABUPATEN NGAWI
MENGIKUTI PARADE DALANG BOCAH SPEKTAKULER 2016


SMP Negeri 1 Geneng Kabupaten Ngawi mengikuti Parade Dalang Bocah Spektakuler 2016 yang diwakili oleh Dalang Bocah Ki Permana Ichsan P dengan mengambil lakon Gatutkoco Jedhi bertempat di halaman SMP Negeri 1 Ngawi Jl Ronggowarsito yang diiringi Group Karawitan Laras SPENSA dari siswa-siswi SMP Negeri 1 Geneng dengan Waranggono Nyi Restu Cahyani, Nyi Hanita dan Nyi Rizkiya Aulia. Penasehatnya, Drs Deky Muslikin MPd dan Sutoyo SPd. Sebagai pelatihnya yaitu Sri Haryati SPd, Sri Lestari SPd dan Warsidi SPd. Sedangkan sebagai pembina kesiswaan adalah Anik Purwantini SPd.
Lakon Gatutkoco Jedhi dipilih dengan alasan adanya kemiripan tentang proses perjalanan hidup tokoh wayang Tetuko (Gatutkoco Kecil) yang tumbuh menjadi sosok Pangeran Gatutkoco yang berbudi luhur yang diharapkan dapat menjadi teladan bagi para siswa.
Sukadi SPd MPd selaku Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dispariyapura) Kabupaten Ngawi dan selaku Ketua Panitia menjelaskan, Parade Dalang Bocah Spektakuler dilaksanakan pada tanggal 23 April 2016 yang diikuti 70 dalang bocah dari 19 UPT Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi di kecamatan-kecamatan yang terdiri dari para siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN), SMPN dan SMK.
Wayang kulit adalah sebuah seni pertunjukan khas Indonesia yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Jawa, luar Jawa, dan dunia internasional. Dalang adalah bagian terpenting dalam pertunjukan wayang kulit yang dapat memberikan piwulang atau ajaran-ajaran pendidikan, ilmu dan informasi. “Tujuan menampilkan dalang bocah adalah agar para siswa dapat mengapresiasikan salah satu budaya tradisional yang adiluhung yaitu seni wayang kulit agar tidak punah dan terus dilestarikan”, jelasnya.
Kepala SMP Negeri 1 Geneng, Drs Deky Muslikin MPd, menjelaskan, siswa-siswi SMP Negeri 1 Geneng yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Seni Pedalangan dan Seni Karawitan dibina langsung oleh Bapak Sutoyo dkk seminggu dua kali dengan mendatangkan instruktur profesional dari luar. “Tujuannya agar para siswa-siswi benar-benar mempunyai talenta dan kemampuan di bidang ini,” ujarnya.
Hadir dalam Parade Dalang Bocah Spektakuler 2016 SMP Negeri 1 Geneng Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar ST MH, yang ketika ditemui Prastiwi alias Tiwi dari FAKTA mengatakan,“Parade Dalang Bocah ini harus rutin diadakan setiap tahun agar ada regenerasi untuk menggantikan dalang-dalang yang sudah tua, sehingga seni pedalangan tidak punah. Orangtua dan sekolah serta media-media di Kabupaten Ngawi harus turut mendukung pelestarian wayang kulit sebagai warisan budaya yang berharga untuk diteruskan ke anak-anak. Agar budaya wayang kulit ini tidak hanya dilestarikan tetapi terus dikembangkan sampai di masa yang akan datang. (F.968) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment