Wednesday, November 2, 2016

ADVERTORIAL BADUNG

Desa Mengwi Duta Kabupaten Badung Dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Bali

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, saat menghadiri penilaian Lomba Desa Tingkat Propinsi Bali 2016 di wantilan Pura Dalem Desa Adat Mengwi, Senin (13/6).
DESA Mengwi, Kecamatan Mengwi, ditunjuk sebagai wakil Kabupaten Badung dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Bali Tahun 2016. Untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kemajuan desa, baik menyangkut tata kelola pemerintahan, administrasi dan keuangan desa tersebut, maka dilakukan penilaian terhadap Desa Mengwi oleh tim penilai Provinsi Bali.
Acara penilaian dilaksanakan di wantilan Pura Dalem Desa Adat Mengwi, dihadiri Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, Ketua DPRD Kabupaten Badung, Putu Parwata, Ketua TP PKK Kabupaten Badung, Ibu Seniasih Giri Prasta, Ketua Gatriwara Ibu Ayu Parwata, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Badung, Ibu Kristiani Suiasa, Ketua DWP Kabupaten Badung, Ibu Kompyang R Swandika, Forum SKPD Kabupaten Badung, Tripitaka Kabupaten Badung, Ketua TP PKK Kecamatan Mengwi, WHDI Kabupaten Badung dan Camat se-Kabupaten Badung, Penglingsir Puri Ageng Mengwi, A A Gde Agung, tokoh adat dan masyarakat Desa Mengwi, Senin (13/6).
Ketua Panitia yang juga Perbekel Desa Mengwi, I Ketut Ambara, dalam laporannya mengatakan, terpilihnya Desa Mengwi sebagai duta Kabupaten Badung pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Bali 2016 ini merupakan suatu kehormatan yang sangat diapresiasi dan harus diperjuangkan secara sungguh-sungguh untuk memberikan yang terbaik kepada Pemerintah Kabupaten Badung dan Provinsi Bali bahkan kepada pemerintah pusat oleh masyarakat Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi.
Terkait persiapan Desa Mengwi dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Bali 2016 ini mendapat perhatian yang sangat baik dari Pemkab Badung dan masyarakat Mengwi serta melalui BPM Pemdes Kabupaten Badung, di mana Desa Mengwi terus didampingi selama masa persiapan.
“Potensi yang menjadi andalan kami di Desa Mengwi adalah hasil pertanian, peternakan serta UKM dan obyek wisata Taman Ayun. Dengan jumlah penduduk Desa Mengwi sebanyak 7.599 jiwa diharapkan mampu menjadikan Mengwi sebagai desa percontohan di Bali, bahkan di Indonesia,” kata Ketut Ambara.
Ketua Tim Evaluasi Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Bali 2016, Ketut Lihadnyana, mengatakan, lomba desa ini merupakan instrumen evaluasi keberhasilan pembangunan desa. “Dari indeks pembangunan desa, desa di Kabupaten Badung masuk kategori Desa Mandiri. Yang dinilai dari lomba desa ini adalah aspek administrasi yang transparan, akuntable dan dapat dipertanggungjawabkan. Lomba ini tidak hanya seremonial dan untuk mengejar juara semata, namun jauh ke depannya bagaimana kita membangun desa dengan karakteristik desanya beserta sumber daya manusianya dan inovasi untuk dapat membangun desanya secara profesional dan transparan serta bertanggung jawab. Desa Mengwi dengan semboyan “Mengwi Mesari” dapat diwujudkan sebagai desa yang pantas menjadi yang terbaik di Provinsi Bali untuk membangun Badung. Dengan perolehan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) bagi Pemerintah Kabupaten Badung ini sudah membuktikan tatanan yang benar dalam laporan tata kelola keuangan dan pemerintahan di Kabupaten Badung”.
Lebih lanjut, Lihadnyana mengatakan, lomba desa ini harus dapat mencerminkan inovasi dari potensi desanya dengan pengembangan ekonomi masyarakat desa yang dimiliki untuk pembangunan.

Sementara itu, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, dalam sambutannya mengatakan, percepatan program pembangunan desa merupakan representasi indikator kemajuan pemerintahan daerah. “Representasi ini harus ditingkatkan guna mencerminkan pembangunan Kabupaten Badung ke depannya. Pola pembangunan semesta berencana sudah menjadi bagian penting untuk menunjang pembangunan di Kabupaten Badung. Desa Mengwi, Kecamatan  Mengwi, sudah mampu mengentaskan kemiskinan di wilayahnya. Berbagai program yang dirancang setidaknya sudah mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Mengwi. Kami berharap dengan adanya lomba desa ini tidak hanya untuk mengejar juara semata-mata, tetapi betul-betul mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Mengwi untuk membangun Badung,” ucap Giri Prasta. (Rie) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment