Sunday, April 2, 2017

ADVETORIAL KOTA KEDIRI

Pemkot Kediri Siagakan Satgas 315 Atasi Bencana Alam

SELAIN keberadaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemerintah Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur, juga memiliki Satgas Densus 315 di bawah Dinas Kebersihan Pertamanan (DKP) yang siap bekerja 24 jam mengantisipasi rawan bencana seperti longsor dan pohon tumbang di jalan umum pada musim penghujan.
Kepala DKP Kota Kediri, Didik Catur, menjelaskan, pihaknya telah melakukan antisipasi termasuk memulai gerakan penanaman di sejumlah titik yang merupakan bagian dari reboisasi.
Memasuki musim penghujan ditambah angin yang cukup kencang, menjadikan sejumlah pohon di jalan protokol ambruk dan sisanya patah hingga menggangu pengguna jalan. Meski demikian kesigapan Satuan Tugas Detasemen Khusus 315 atau disingkat Satgas Densus 315 yang terbagi dalam tiga tim, siap diterjunkan untuk memantau dan diterjunkan saat musibah datang.
Kepada Achmad Faried dari FAKTA, Didik Catur menegaskan di ruang kerjanya,“Kenapa disebut Satgas Densus 315 ? Karena mengacu pada Perda No. 3 Tahun 2015 Tentang Penggelolaan Sampah”.
Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat pencanangan penanaman pohon di Bantaran Sungai Brantas bersama ratusan pelajar dan Kepala DKP Kota Kediri, Didik Catur.
Bukan hanya bekerja saat terjadi musibah, Kepala DKP telah mendapat laporan dari Kepala Bidang Persampahan, Endang Kartikasari, selaku koordinator satgas, tapi juga rutin melakukan pemangkasan dan pengeprasan sejumlah pohon besar yang dikhawatirkan ambruk atau jatuh saat terjadi hujan ataupun angin.
“Kami sangat berterima kasih atas partipasi masyarakat yang selalu aktif memberikan laporan atau pengaduan bila terjadi bencana. Segera kami tindak lanjuti, karena merupakan kewajiban pokok Satgas Densus ini untuk terjun melakukan evakuasi di lapangan,” jelasnya.
Sejumlah titik di jalan protokol juga mulai dilakukan penanaman pohon, sebagai bentuk reboisasi menciptakan ruang terbuka hijau. Seperti di Taman Ngronggo, kini terus dilakukan perbaikan agar menjadi salah satu tempat bermain untuk keluarga.
Pihak DKP Kota Kediri pun kini gencar menyelesaikan dua proyek taman kota, yaitu Taman Sekartaji dan Imperial Park yang berada persis di depan Taman Makam Pahlawan (TMP). “Semoga pembangunannya cepat selesai, setidaknya akan menjadi destinasi wisata keluarga dan kami dari DKP akan berusaha merawat dan menjaganya,” tegas Didik Catur. (ADV Humas Pemkot Kediri)

No comments:

Post a Comment