Tuesday, April 11, 2017

ADVETORIAL BADUNG

Bupati Badung Hadiri Karya Panca Wali Krama Pura Ulundanu Batur

Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta, serahkan punia dalam rangkaian Karya Panca Wali Krama di Pura Ulundanu Batur, Sabtu (22/10).
SERANGKAIAN Karya Panca Wali Krama di Pura Ulundanu Batur, Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung, Ibu Seniasih Giri Prasta, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Badung, Ibu Kompyang Swandika, Sabtu (22/10) melakukan persembahyangan di pura tersebut. Dalam persembahyangan yang dilakukan pada malam hari itu, juga dihadiri oleh Bupati Tabanan, Putu Eka Wiryastuti, dan Bupati Bangli, Made Gianyar.
Selain melakukan persembahyangan, Bupati Giri Pasrta juga sempat memberikan punia terkait karya yang sedang berjalan saat ini. Mewakili Pemerintah Kabupaten Badung, Giri Prasta memberikan punia sebesar Rp 100 juta dan diterima oleh Ketua Panitia Karya, Jro Lanang, didampingi Sekretaris Panitia, I Gede Kariawan.
Pada kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta mengatakan, upacara Panca Wali Krama sebagai wujud sembah bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Waca yang telah memberikan anugerahnya kepada umat.
"Kami Pemerintah Kabupaten Badung siap bersinergi dengan kabupaten lain di Bali, seperti Tabanan dan Bangli, untuk mewujudkan Krama Bali Santhi (KBS)," katanya.
“Kita berkomitmen membangun Bali dari Badung, salah satunya dengan mengalokasikan penerimaan dari Pajak Hotel dan Restauran (PHR) kepada enam kabupaten lain,” sambungnya.
Sementara itu, Jro Lanang menjelaskan, Punjak Karya Panca Wali Krama di Pura Hulun Danu Batur telah dilaksanakan pada Saniscara, Pon, Pahang, atau pada 15 Oktober 2016. Sementara untuk upacara Tawur Manca Wali Krama telah dilaksanakan pada Wraspati, Umanis, Pahang, atau tanggal 13 Oktober 2016.  

“Saat ini sudah dilakukan kegiatan makebat don, nyenukin, ngebekin lan resi bojana. Sedangkan penyineban akan dilakukan pada Sukra, Umanis, Merakih, tanggal 28 Oktober 2016 dan pada tanggal 29 Oktober 2016 dilaksanakan upacara ngayut, mapawilangan lan guru piduka,” ujarnya. (rie)

No comments:

Post a Comment