Tuesday, December 30, 2014

SURABAYA RAYA : PRODUK UNGGULAN SATKER PKPAM JATIM

Kepala Satker PKPAM Jatim, Ir Zaenal Arifin MT
DEMI terwujudnya slogan 100-0-100 di tahun 2019, pihak Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Kinerja Pengelolaan Air Minum (PKPAM) Provinsi Jatim terus berupaya keras secara maksimal. Diharapkan di tahun 2019, 100% masyarakat di Jatim sudah terpenuhi kesediaan air minum sehat dan 0% kawasan kumuh.
Tupoksi Satker PKPAM Jatim ini sudah sesuai dengan PP No.38 Tahun 2007 tentang pembagian tugas bersama antara Satker PKPAM dengan pemerintah daerah dalam penyediaan DDUB (Dana Daerah Urusan Bersama) untuk penyediaan air PDAM yang sehat dan bersih di Jatim secara optimal bagi pelayanan MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) seperti pemilik aliran listrik rumah di bawah 100 watt. Di samping itu juga di daerah-daerah Jatim yang sedang ‘sakit’ (cash low).
            “Kita akan memfasilitasi PDAM di daerah-daerah di Jatim demi peningkatan kinerjanya. Di samping itu juga dalam pelayanan rawan air di sejumlah desa yang tertinggal,” ujar Kepala Satker PKPAM Jatim, Ir Zaenal Arifin MT, seraya menambahkan, seperti daerah Ponorogo, Pamekasan, Situbondo, Tulungagung, dan lain-lain dilakukan pembangunan unit instalasi air minum dan pipanya.
            Walaupun begitu, lanjut Zaenal, semua keberhasilan yang dicapai tak semudah membalikkan telapak tangan karena terkendala oleh belum komitmennya pemda dalam hal kecukupan DDUB serta perlunya peningkatan jasa penyediaan SDM (kontraktor) dan penyiapan masyarakat oleh pemda kadang belum disosialisasikan sehingga terkendala tidak bisa dilaksanakan. Selain itu juga minimnya pemda menyiapkan ijin pelayanan air plus lahan sebagai salah satu bentuk DDUB. (F.543) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment