Tuesday, December 30, 2014

SURABAYA RAYA : MERANGSANG GEMAR MEMBACA LEWAT PROGRAM DUTA LITERASI

Dari kanan : Kepsek SMPN 43 Surabaya, Drs Moch Kelik Sachroendjailani MSi,
Vania Neulia Belfa, Satria Bagus Prakosa, dan Dra Yuliasih
VANIA Neulia Belfa, siswi kelas IX C, dan Satria Bagus Prakosa, siswa kelas IX E, keduanya siswa SMPN 43 Surabaya merasa bangga begitu terpilih mewakili masing-masing kelasnya menjadi duta literasi. Bersama teman kelas lainnya di SMPN 43 Surabaya kelak dipilih menjadi pangeran dan puteri duta literasi (1 putera, 1 puteri).
            Vania dan Satria adalah sosok kebanggaan SMPN 43 Surabaya, yang sejak dulu memang gemar membaca. Sehari keduanya bisa melahap 100 halaman buku, yang bertemakan otobiografi, cerita sukses seorang tokoh, dan lain-lain. Nah, ternyata kebiasaan mereka ditangkap oleh bapak/ibu guru SMPN 43 Surabaya yang kemudian bersama teman kelas lainnya (70 anak) di SMPN 43 Surabaya yang memiliki kebiasaan gemar membaca selanjutnya dipilih menjadi duta literasi. Setelah lewat audisi ketat seperti materi sekolah, keimanan, keterampilan, membaca-menulis, mengelola perpustakaan kelas, lantas mereka digodok di Badan Arsip & Perpustakaan Surabaya untuk dipilih menjadi pangeran & puteri duta literasi (1 putera, 1 puteri).
            Kepsek SMPN 43 Surabaya, Drs Moch Kelik Sachroendja Ilani MSi, mengatakan bahwa tujuan program ini adalah untuk membiasakan gemar membaca siswa SMPN 43 Surabaya, pandai mengelola perpustakaan kelas & majalah dinding atau majalah online. Kemudian dari pengalaman menjadi duta literasi ini siswa juga diwajibkan membukukannya. Hingga diharapkan bila kelak lulus dapat menularkan kebiasaan terbaiknya itu kepada adik-adik kelasnya.
            Sementara di tempat yang sama, guru pembina program duta literasi SMPN 43 Surabaya, Dra Yuliasih, menambahkan, diharapkan pangeran & puteri duta literasi SMPN 43 Surabaya yang terpilih itu dapat mendampingi serta merangsang gemar membaca teman-teman sebayanya di SMPN 43 Surabaya. Untuk itulah ke depan ia berharap program duta literasi terus berkesinambungan dan sudah menjadi kebiasaan siswa awal masuk kelas wajib membaca sekitar 15-20 menit dan pulangnya 1 jam sebelum pulang. (F.543) web majalah fakta / majalah fakta online

1 comment:

  1. Coba tanya sama yang pake kerudung tuh, sehari berapa lembar kitab sucinya yang dibaca ;)

    ReplyDelete