Monday, December 22, 2014

INFO JATIM : BUDE KARWO CUP JADI AGENDA TAHUNAN

Bude Karwo
BUDE Karwo Cup memang jadi agenda tahunan Asprov PSSI Jatim. Buat hajat ke-4 tahun ini berlaku biaya pendaftaran Rp 2,5 juta per klub. Bude Karwo, istri Gubernur Jatim, Soekarwo, yakin jumlah peserta bakal lebih banyak dan lebih semarak sekaligus bermutu. Apalagi, ada peserta yang datang dari luar Jatim.
Ditemui wartawan, Bude mengatakan, kegiatan positif ini agar dijadikan motivasi bagi perempuan-perempuan Indonesia untuk lebih maju. Artinya, perempuan sendiri tak hanya melakukan aktivitas yang sifatnya monoton. Lebih jauh perempuan harus bisa berkiprah setara dengan kaum laki-laki. “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memotivasi para perempuan untuk bisa meningkatkan prestasinya,” ujar Bude.
Bude menambahkan, kegiatan kali ini kembali digelar di Stadion Brawijaya, Surabaya. Pada pagelaran ke-3 tahun lalu hanya diikuti 6 klub, yaitu Putri Surabaya, Putri Jember, Putri Kediri, Putri Sidoarjo, Putri IKA ITS dan Putri Malang. Bude Karwo Cup II 2012 diramaikan 16 klub. Bude Karwo Cup IV 2014 dihadirkan sebagai bagian dari turnamen tingkat nasional Piala Kartini 2015. "Turnamen tahun ini sekaligus jadi ajang seleksi pemain untuk membentuk tim Jatim,” ujar Bude.
Rencananya, tahun 2014 turnamen sepakbola wanita Bude Karwo Cup akan ditingkatkan levelnya dari tingkat provinsi menjadi tingkat nasional. Ini dilakukan setelah berhasil menyelenggarakan turnamen ini untuk ketiga kalinya.
Hal tersebut disampaikan istri Wakil Gubernur Jatim, Ibu Hj Ummu Fatma Saifullah Yusuf, saat membuka Turnamen Sepakbola Wanita Bude Karwo Cup III Tahun 2013 di Stadion Brawijaya, Selasa sore (10/12).
Dijelaskannya, kegiatan ini baik sekali untuk terus ditingkatkan karena bertujuan untuk merintis pembentukan tim sepakbola wanita di Jatim, sekaligus mempersiapkan diri sebagai penyelenggara kejurnas. Sehingga pada Kejurnas 2014 nanti, Jatim bisa sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi. “Mari kita sukseskan dan manfaatkan turnamen ini dengan sebaik-baiknya untuk merintis pembentukan tim sepakbola wanita di Jatim,” ajaknya.
Masih menurut Ibu Fatma Saifullah Yusuf yang juga sebagai Ketua Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Jatim, pelaksanaan turnamen ini merupakan implementasi UU No. 3 Tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional. Dalam UU itu disebutkan bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pelayanan dalam kegiatan olahraga tanpa diskriminasi. “Ini artinya tidak hanya pria saja, tetapi perempuan juga berhak memperoleh pelayanan pembinaan olahraga. Perempuan yang gemar berolahraga, selain menjadi sehat, bugar dan produktif, juga dapat mempengaruhi putra-putrinya untuk mencintai olahraga,” ujarnya.
Turnamen Sepakbola Wanita Bude Karwo Cup IV Tahun 2014 diikuti tim sepakbola wanita dari Jatim dan luar Jatim. Tempat pertandingannya di Stadion Brawijaya, Surabaya, pada Oktober-November 2014. Mottonya,”Bangkitkan Sepakbola Wanita Nasional”. (F.835) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment