Sunday, November 16, 2014

BALANGAN BUMI SANGGAM

Pemkab Balangan Terus Berupaya Memenuhi

Hak Anak Dan Melindungi Anak

BERBAGAI upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan untuk  anak-anak di Bumi Sanggam terus dilakukan dari masa ke masa. Berbagai program pun dibuat dan sudah dijalankan, dimulai dari pembenahan sistem hingga melengkapi perlengkapan fasilitas pendidikan
           Berbagai program yang telah dibuat dan sudah dijalankan tersebut semata-mata untuk menunjang pendidikan bagi anak-anak, seperti wajib belajar 12 tahun, bantuan operasional sekolah, beasiswa untuk mahasiswa, peningkatan infrastruktur dan fasilitas pendidikan, peningkatan kemampuan maupun kesejahteraan guru dan lainnya, juga pembangunan sekolah-sekolah kecil di pedalaman.
           Bupati Balangan, H Sefek Effendie, bahkan turut serta merevitalisasi gerakan pramuka yang merupakan kegiatan positif untuk anak-anak di Bumi Sanggam, dengan tujuan agar menjadi wahana yang lebih baik bagi pendidikan dan pelatihan kepemimpinan, kepribadian dan persatuan di antara anak-anak bangsa sejak dini. Hal tersebut dilakukan guna menanamkan jiwa disiplin dan kepemimpinan dalam jiwa anak-anak.
           Sasaran dari semua kebijakan dan program yang dibuat Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan, tiada lain adalah ingin mencetak dan menghadirkan manusia-manusia Balangan yang unggul di masa depan.
Bupati Balangan, H Sefek Effendie, foto bersama FASI IX beberapa waktu lalu
           Dalam menghadapi sejumlah tantangan bagi anak-anak, seperti kejahatan terhadap anak, narkoba dan juga penyalahgunaan internet yang bisa merusak jiwa serta kepribadian anak-anak, hendaknya semua pihak bukan hanya guru dan orang tua, melainkan juga lingkungan masyarakat dapat turut aktif dalam memberikan pengawasan terhadap anak-anak.
          Beberapa pertunjukan berkesenian yang digagas oleh Pemkab Balangan maupun oleh para peseni di Kabupaten Balangan seperti seni tari, nyanyi, cerita berbahasa Inggris, drama komedi, pantomim, madihin dan musik panting yang dibawakan oleh anak-anak SD maupun SLTP dan remaja lainnya, merupakan kegiatan positif dan mendidik, yang dapat menghindarkan mereka dari kegiatan yang bisa menjerumuskan mereka ke dalam hal-hal negatif. Kegiatan-kegiatan berkesenian tersebut juga sangat mudah diserap dan ditiru oleh anak-anak, sehingga membuat mereka tidak melupakan pendidikan berkesenian.
Wakil Bupati Balangan, H Ansharuddin, memberikan hadiah kepada anak-anak
          Pemkab Balangan juga menciptakan lingkungan kondusif untuk perlindungan dan tumbuh-kembang anak. Sehingga dapat memberikan makna akan pentingnya peran, tugas dan kewajiban dari setiap individu, orangtua, keluarga, masyarakat, dunia usaha dan pemerintah dalam memenuhi hak anak-anak dan melindungi anak-anak.
          Senada dengan Bupati Balangan, Wakil Bupati Balangan, H Ansharuddin, juga mengajak kepada seluruh orangtua, guru, pembimbing dan segenap jajaran pemerintahan, untuk melakukan sesuatu yang tepat dan benar dalam upaya pemenuhan hak-hak, memberikan kepedulian dan perhatian khusus, termasuk alokasi anggaran yang cukup bagi pendidikan dan pengasuhan anak-anak. Hal tersebut dimaksudkan agar anak-anak di Bumi Sanggam dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sholeh dan berbudi pekerti luhur, cerdas dan berpengetahuan tinggi, sehat jasmani dan rohani, mencintai dan bangga pada negerinya dan mencintai lingkungan alamnya.
          Pemkab Balangan juga membentuk Forum Anak Daerah Kabupaten Balangan yang 
   mewadahi berbagai kreatifitas anak, mendorong pengembangan Kabupaten/Kota Layak 
   Anak, serta mensosialisasikan dan memberikan informasi kepada masyarakat dan keluarga 
   tentang pentingnya membangun karakter anak melalui peningkatan pengasuhan keluarga. 

No comments:

Post a Comment