Saturday, February 7, 2015

WATAMPONE RAYA : USAID PRIORITAS GELAR PELATIHAN PROFESI GURU

RENCANA pengembangan sumber daya manusia (SDM), baik pendidik maupun tenaga kependidikan, secara berkelanjutan telah tertuang dalam rencana strategis Kementerian Pendidikan 2010-2014. Hal tersebut disampaikan oleh Mustajib dari Usaid Prioritas usai melakukan pelatihan bagi guru dan tenaga kependidikan di Bantaeng baru-baru ini.
Menurut Mustajib, konsep pengembangan tersebut dituangkan dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan. “Usaid Prioritas mendukungnya melalui kegiatan pelatihan ini yang didesain secara utuh agar bisa memberikan program pengembangan profesionalisme guru yang baik”.
Lebih jauh dikatakan, supaya pelatihan yang diberikan efisien dan efektif, perlu dilakukan analisis biaya dan kebutuhan pelatihan atau cost and benefit analysis agar diketahui sumber anggaran pelatihan harus dilakukan analisis keuangan pendidikan kabupaten. Itu semua dalam rangka mengembangkan profesionalisme guru secara terus-menerus. Materi pelatihan itu terdiri atas analisis kebutuhan pelatihan guru (INA), analisis biaya pelatihan guru (APBG) dan analisis keuangan pendidikan (APK). Walaupun terdiri atas perangkat analisis, pelaksanaannya dapat diintegrasikan (diparalelkan atau berdiri sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing kabupaten).
“Kompetensi guru pendidikan dasar masih rendah, nilai uji kompetensi guru pada 2013 rata-rata hanya mencapai 47,86 persen. Melihat kenyataan tersebut, pemerintah melalui kemendikbud telah memprogramkan upaya pengembangan profesionalisme guru. Usaid Prioritas membantu dalam pendampingan,” katanya. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment