Saturday, February 7, 2015

WATAMPONE RAYA : JALAN PESISIR BANTAENG BEROPERASI TAHUN 2015

PROYEK jalan nasional sepanjang 5 kilometer di pesisir Pantai Mattoanging Bantaeng siap digunakan awal 2015. Saat ini proyek yang menggunakan dana APBN tersebut sudah tahap pengaspalan, jalan tersebut akan menghubungkan pelabuhan Matoanging dengan kota Bantaeng.
Bupati Bantaeng, Dr H M Nurdin Abdullah, mengatakan, proyek tersebut akan dilengkapi jalan layang untuk menghubungkan Pantai Lamalaka sepanjang 10 kilometer. “Anggarannya masih akan diusulkan tahun depan dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU),” jelasnya.
Jalan layang ini dibuat agar Pantai Seruni tidak dilalui kendaraan, daerah tersebut sudah padat pembangunan. Anggaran pembangunan jalan layang tersebut sebesar Rp 35 miliar sepanjang 3 kilometer. Dia berharap, tahun depan dana dari pusat kembali dikucurkan untuk Bantaeng. Tahap pertama akan hanya sampai kota Bantaeng. Untuk menghubungkan Lamalaka, harus ada jalan layang,” tuturnya.
Menurut dia, proyek nasional tersebut diharapkan dapat mengurai kemacetan di kota Bantaeng. Tahap awal hanya 5 kilometer dulu, ke depan akan dilanjutkan hingga Lamalaka sepanjang 10 kilometer. Hingga jarak tempuh dari arah batas Kabupaten Jeneponto ke kota Bantaeng dapat dipersingkat hanya 5 menit. Selain itu jalan tersebut juga dapat berfungsi sebagai mitigasi bencana. Pemukiman nelayan juga akan aman, akan terhindar dari abrasi pantai karena sepanjang pantai ada tanggul. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment