Saturday, February 14, 2015

Peristiwa : Tim Ekspedisi NKRI Nusra Awali Kegiatan di Bali

Tim Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusra tiba di kantor Gubernur Bali, 
disambut dengan tarian dan bale ganjur, Minggu (8/2)  
TIM Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusra kunjungi Bali, pada Minggu, 8 Januari 2015. Tim dengan anggota gabungan TNI (AD, AU dan AL) dan kalangan mahasiswa itu tiba sekitar pukul 11.00 Wita di Kantor Gubernur Bali dari tempat kedatangan yakni Bandara Ngurah Rai. Mereka diterima secara langsung oleh Gebernur Bali, Made Mangku Pastika, didampingi Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali, Sugawa Kori, serta anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Bali di Gedung Wisma Sabha Utama.
Kolonel Inf Taufik Sobri, Asisten Logistik Komando Pasukan Khusus, dalam ekspedisi sebagai ketua tim, menerangkan bahwa tim ekspedisi berjumlah 65 orang ini akan melakukan kegiatannya hingga ke Nusa Tenggara Timur. Tema kegiatan adalah Peduli dan Lestarikan Alam Indonesia. Ia berharap kegiatannya bisa memberi manfaat, salah satunya bagi Bali sebagai tempat diawalinya kegiatan.
“Ekspedisi ini yang kelima kali dilaksanakan. Tim merupakan gabungan antara militer dan sipil dengan kegiatan meliputi penjelajahan, penelitian, lintas keilmuan dan pengabdian kepada masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi tempat ekspedisi (Pulau Bali),” ujar Kolonel Taufik.
Ekspedisi NKRI, lanjutnya, merupakan salah satu penjabaran visi-misi pemerintah di antaranya dalam mewujudkan keamanan nasional dan menjaga kedaulatan wilayah. Serta penjabaran agenda prioritas atau Nawa Cita yang di antaranya menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara.
Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, menyambut baik kedatangan dan pelaksanaan kegiatan NKRI koridor Kepulauan Nusra ini di Bali. Apalagi wilayah provinsi yang dipimpinnya itu, ia sebut sebagai Pulau Cinta, menjadi bagian agenda kegiatan. Sekaligus mendukungnya mengingat, kata dia, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya memantapkan semangat nasionalisme, rasa kesatuan dan persatuan seluruh komponen bangsa serta memperkokoh bangunan NKRI.
“Mudah-mudahan nuansa keindahan, kesejukan dan spiritual alam Bali, memberikan kedamaian dan kesehatan, sekaligus memberikan kekuatan bagi segenap anggota selama melaksanakan tugas,” ujar Gubernur Mangku Pastika.
Sementara itu, Kolonel Inf Heri Wiranto, Danrem 163/Wirasatya, dalam tim ekspedisi dengan kegiatan di Bali sebagai Ketua Wilayah, turut menjelaskan bahwa jumlah tim sebanyak 65 orang itu akan ditambah dengan personil dari daerah yang juga merupakan gabungan dari militer dan sipil, yakni beberapa mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Bali.
“Kita akan turut gabung. Tim dari daerah ada sebanyak 56 orang, gabungan dari TNI AD, AU dan AL, serta sipil yakni mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Bali,” ujar Danrem Heri.
Kegiatannya dibuka pekan depannya, tepatnya pada Jum’at (13/2), oleh Pangdam IX Udayana di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Tim akan mengawali dengan melakukan survei. Kegiatan akan dilakukan dengan memasuki wilayah di antaranya pegunungan. Lama kegiatan ekspedisi akan berlangsung 4 bulan atau tepatnya hingga Juli 2015.

“Selain ekspedisi, tim juga akan melakukan berbagai kegiatan lain bersama masyarakat, di antaranya karya bhakti, bedah sekolah, serta kegiatan non fisik di antaranya kegiatan penyuluhan hingga ke tingkat sekolah,” jelas Danrem Heri. (Hermawan) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment