Saturday, February 7, 2015

WATAMPONE RAYA : PETANI JENEPONTO PANEN PADI 8,8 TON PER HEKTAR

DIKENAL sebagai daerah yang memiliki luas wilayah yang tandus, ternyata tidak menyurutkan semangat para petani di Kabupaten Jeneponto untuk terus meningkatkan hasil panen padinya. Terbukti dalam panen raya, petani Jeneponto memanen 8,8 ton padi per hektar.
Panen raya tersebut merupakan program Badan Ketahanan Pangan yang bekerjasama dengan Kodam VII Wirabuana dengan Pemprov Sulsel di wilayah Kodim 1425 Jeneponto bersama Pemkab Jeneponto, Senin (8/9).
Dalam panen raya yang dilaksanakan di Desa Langkura, Kecamatan Turatea, Bupati Jeneponto, H Iksan Iskandar, mengaku terkejut dengan hasil panen petani di Kabupaten Jeneponto mengingat sebagai daerah yang dikenal memiliki tanah yang tandus. “Banyak pihak yang tidak mengira bahwa petani di Jeneponto sukses meningkatkan hasil panen dalam setiap tahunnya. Panen raya yang kita lakukan bekerja sama dengan Kodim 1425 Jeneponto ini merupakan visi-misi kami sehingga ke depan bidang pertanian akan lebih fokus untuk meningkatkan hasil panen,” katanya.
Dalam acara tersebut turut hadir Wakil Bupati Jeneponto, H Mulyadi Mustamu, dan unsur pimpinan muspida dan pejabat lainnya. Di antaranya Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Provinsi Sulsel, M Haris, Kasiter Korem 141 Toddopuli Makassar, Mayor Infanteri Adeprasetya, Dandim 1425 Jeneponto, Letkol Infranteri Muh Ali Channiago, Kajari Jeneponto, Mustaming, Ketua PN Jeneponto, Herianto, serta beberapa Kepala SKPD lainnya.
Iksan menambahkan, tahun 2013 lalu dalam sekali panen hanya mampu menghasilkan 6,8 ton per hektar, namun jumlah tersebut mengalami peningkatan yang cukup drastis pada tahun 2014 ini mencapai 7 persen. “Dari data Dinas Pertanian Provinsi Sulsel, hasil panen padi kita dari tahun 2013 hanya 6,8 per hektar kini naik menjadi 8,8 per hektar dengan jumlah lahan yang ada di Jeneponto sebanyak 100 hektar,” jelas Iksan.
Dandim 1425 Jeneponto, Letkol Infanteri Moh Ali Channiago, mengatakan, kerja sama dalam bidang pertanian dengan Pemkab Jeneponto adalah bentuk perhatian TNI untuk meningkatkan kualitas hasil panen yang mampu menjadi kebanggaan petani Butta Turatea. “Saya berharap kerja sama dalam bidang pertanian ini dapat terus kita lakukan untuk meningkatkan taraf hidup petani kita,” tuturnya. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment