Tuesday, February 10, 2015

LINTAS ACEH : JEMBATAN KAYU YANG RUSAK BERAT DIREHAB KUD BUKIT MAKMUR

TINGKAT kepedulian Koperasi Unit Desa Bukit Makmur terhadap masyarakat pengguna jalan dan jembatan di lintasan Kecamatan Cot Girek dan Lhoksukon, Aceh Utara, begitu tinggi. Sehingga jembatan di perbatasan antara dua kecamatan yang sudah rusak berat sejak awal Agustus lalu, mulai Kamis dan Jum’at (16-17 Oktober 2014) rampung diperbaiki (direhabilitasi) oleh KUD Bukit Makmur Gampong Alueu Leuhob, Kecamatan Cot Girek, Aceh Utara. 
Jembatan kayu di perbatasan Alue Leuhob dan Buket Hagu yang rusak berat tersebut pernah diberitakan Majalah FAKTA pada Edisi Oktober 2014, kondisinya memang sudah sangat memprihatinkan.
Biaya untuk merehabilitasi jembatan kayu yang rusak berat itu berkisar Rp 30 jutaan yang dikeluarkan oleh pihak KUD Bukit Makmur. Sandi, Ketua KUD Bukit Makmur, didampingi KS Manalu, Wakil Ketua Koperasi Perkebunan itu, ketika dihubungi FAKTA Jumat (17/10) di kantornya, Jalan Fajar Jeumpa  Gampong Alue Leuhob, membenarkan telah memperbaiki jembatan kayu yang rusak itu. “Kita tak tega melihat masyarakat pengguna jembatan itu tertatih-tatih saat melintasi jembatan yang rusak itu. Ketimbang warga kecebur ke alur maka kami berusaha memperbaikinya,” kata Sandi.
Sandi lebih lanjut mengatakan bahwa hingga kini pihak pemerintah daerah sepertinya belum terketuk hatinya untuk membangun jembatan itu menjadi jembatan permanen (beton). Maka setiap kali terjadi kerusakan jembatan kayu tersebut biasanya direhabilitasi oleh 4 Koperasi Perkebunan (KOP-BUN) yang ada di sekitarnya. Antara lain Kop-Bun DIPONEGORO Buket Hagu, Lhoksukon, Kop-Bun BUKIT MAKMUR Alue Leuhob, Cot Girek, Kop-Bun PEURATA JAYA Bola Mas, Langkahan, dan Kop-Bun TANI JAYA Babus Salam, Baktiya.  
Namun perehaban kali ini, menurut Sandi, hanya dilakukan dan dibiayai oleh KUD Bukit Makmur saja. Karena ketika diberitahukan kepada KUD yang lainnya yang juga ikut menggunakan jasa lintas jembatan kayu itu malah menolak dengan alasan yang tidak jelas. “Makanya kami pihak KUD Bukit Makmur dengan murah hati dan ringan tangan merehabilitasi jembatan itu,” kata Sandi.
Mudah-mudahan saja mereka para pengurus KUD yang lainnya yang tergabung bersama, akan tergerak hatinya untuk membantu dana rehabilitasi jembatan yang telah rampung diperbaiki oleh pihak KUD Bukit Makmur tersebut. (F.434) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment